5.7.19

inspirasi garuda muda


MOTIVASI INSPIRASI GARUDA MUDA


Kesuksesan tim nasional U-22 yang menjuarai Piala AFF. Dalam musim initim nasional U-22 menjuarai Piala AFF dan gelar kali ini melebihi perkiraan PSSI dan para pencinta sepak bola nasional.   yang menjuarai dalam pertandiang di Piala AFF adalah Tim nasional U-22 di ajang piala Asia, kemenangan yang Indonesia peroleh 1-0, atas Vietnam berkat gol tunggal dari M Luthfi Kamal. Penampilan dari penantang menyerah tim Indonesia berlanjut di laga puncak. Meski tertinggal 0-1, tim Merah Putih berbalik menang 2-1, dan tampil sebagai juara. Ajang pertandingan Sepak bola Asia ini berlangsung di Vietnam dan Pertandingan ini berlangsung pada bulan Februari 2019,
 Indonesia memperoleh juara di Piala AFF karena adanya usaha yang dilakukan selama masa latihan, memanagemen waktu, disiplin, skill dan patuh terhadap aturan yang diberikan pelatih sehingga itu mendorong para atlit untuk tetap semangat dalam berlatih untuk menjadi juara.
Dan selain usaha dalam berlatih altit juga mempunyai motivasi ketika menjadi Tim nasionalU-22 dalam, teori Hirarki Maslow
·         Kebutuhan Penghargaan, kebutuhan ini biasanya ada setelah kebutuhan fisiologis, sosial, dan keamanan sudah  terpenuhi. Setiap orang tentunya ingin diakui dan dihargai orang lain.
·         Kebutuhan Aktualisasi Diri, kebutuhan ini adalah kebutuhan yang tertinggi. Biasanya kebutuhan ini merupakan kebutuhan seseorang yang ingin memenuhi ambisi pribadi.
 Dimana atlit termotivasi dengan adanya penghargaan dan dihargai oleh orang lain dan ingin diakui ketika mereka membawa nama baik Negara keajang Asia dan memperoleh kemenangan, serta dimana atlit bisa mengaktualisasikan dirinya yaitu memotivasi dirinya untuk berprestasi dalam bidang olah raga
 Dan pengertian motivasi sendiri Menurut Qonita (2012), istilah motivasi (motivation) berasal dari Bahasa Latin, yakni movere, yang berarti ”menggerakkan(to move). Motivasi (motivation) kata dasarnya adalah motif (motive) yang berarti dorongan, sebabatas ualasan seseorang melakukan sesuatu. Dengan demikian motivasi berarti suatu kondisi yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan suatu perbuatan atau kegiatan, yang berlangsung secara sadar.
Sehingga mendorong para Tim nasional U-22 untuk memperoleh kemenangan, dan juga berpengaruh ke pada anak bangsa serta menginspirasi anak bangsa agar tetap semangat, bertekun, serta disiplin dalam latihan khususnya dalam bidang olah raga.

Artikel ini bersumber pada Kompas, Kamis 28 Februari 2019, Hal. 6

0 comments:

Post a Comment