20.6.19

PENGABDIAN MASYARAKAT BERSAMA MAHASISWA-DOSEN FAKULTAS PSIKOLOGI UP45 DI SMAN 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA



Mahasiswa dan dosen Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta menyelenggarakan agenda pengabdian masyarakat di SMAN 1 Pleret Bantul Yogyakarta pada Senin-Selasa, 17-18 Juni 2019 pukul 07.30-10.30 WIB. Acara tersebut diikuti oleh satu dosen pendamping dan pembina, Drs. Indra Wahyudi, M. Si., bersama 19 mahasiswa yang duduk di semester 6. Sebanyak 7 kelas di SMAN 1 Pleret menjadi tempat para mahasiswa mengaplikasikan ilmu mereka berupa tes bakat.
 
Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui bakat para siswa SMAN 1 Pleret menggunakan metode testing khususnya bersifat achievement test. Kecenderungan bakat tersebut yaitu dalam hal peminatan jurusan saat masuk ke Perguruan Tinggi. Selain itu, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa bisa menerapkan dengan benar prosedur testing test bakat.

Para mahasiswa dibagi kelompok dengan kode tertentu untuk masuk ke masing-masing kelas dan memberikan soal kepada siswa kelas XI. Soal tersebut berisi tentang pola, berhitung, ungkapan, ingatan, dll. Siswa yang mengikuti tes kurang lebih 150 orang. Waktu yang diberikan kepada siswa untuk mengerjakan setiap soal adalah 30 menit dari masing-masing kode soal.

Menurut Drs. Indra Wahyudi, M.Si., dengan kegiatan ini mahasiswa bisa berlatih salah satu tahap asesmen psikologis dengan benar dan baik. Sebagai salah satu bekal persiapan menjadi asisten psikolog kelak.

Selain itu, bagi kampus sendiri mampu memberikan informasi kepada mayarakat tentang eksistensi dan seperti apa kualitas program S1 Fakultas Psikologi UP45 dalam menyiapkan mahasiswanya menjadi asisten psikolog yang mumpuni dimana tes yang diberikan sudah memenuhi prosedur standardisasi, validitas, dan reliabilitas yang sangat baik dan sering digunakan dalam asesmen psikologis.

“Dengan adanya pengabdian masyarakat berupa tes potensi akademik atau tes bakat ini, mahasiswa menjadi terlatih. Masyarakat pengguna khususnya pihak sekolah juga terbantu,” tambah Drs. Indra Wahyudi, M.Si., selaku Pendamping dan Pembina Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi UP45.

Tes bakat ini tentu akan sangat membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan siswa di berbagai minatnya dan bidang-bidang tertentu, untuk kemudian dijadikan dasar dalam merencanakan serta membuat keputusan mengenai pilihan pendidikan yang lebih tinggi.

Drs. Rusdiyanto selaku guru bimbingan konseling SMAN 1 Pleret menambahkan bahwa kerjasama ini bisa berlanjut ditahun-tahun selanjutnya.

“Sangat berkesan sekali, soalnya siswa-siswinya sangat antusias mengerjakan soal. Ini menjadi pengalaman pertama kali saat harus terjun mengabdikan diri kepada masyarakat dari ilmu perkuliahan,” komentar Siti Hanifah, salah satu mahasiswi Fakultas Psikologi UP45.


0 comments:

Post a Comment