14.3.19

Psikoanalisis Sebagau Pendekatan dalam Bimbingan Konseling

Heny Suprapti
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45

Teori psikoanalisis memiliki permasalahan contoh kasus yang dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Masalah belajar dapat mengakibatkan ganguan psikologis seperti tekanan mental pada anak dan tentunya pemecahan masalahnya berkaitan dengan teori psikoanalisis dari tokoh Sigmud Freud.
Masalah belajar yang dihadapi anak di sekolah tentu yang menangani guru konseling. Guru konseling harus memahami betul teori kepribadian supaya dapat menangani siswanya dengan tepat.
Pada teori teori Psikoanalisis berdasar pandangan teori ini bahwa perilaku manusia yang nampak maupun yang tersembunyi disebebkan oleh peristiwa mental sebelumnya. Peristiwa mental yang kita sadari maupun tidak dan adapula yang sulit kita bawa ke alam tidak sadar.
Di alam tidak sadar inilah tinggal dua struktur mental yang ibarat gunung es dari kepribadian kita, yaitu: Id, adalah berisi energy psikis, yang hanya memikirkan kesenangan semata. Superego, adalah kaidah moral dan nilai-nilai social yang diserap individu dari lingkungannya. Ego, adalah pengawas realita.
Teori psikoanalisis dapat dikaikan dengan kasus kasus yang ada, karena sebuah permasalahan dapat disebabkan karena keegoisan diri baik kita sadar maupun tidak sadar. Alangkah baiknya apabila kita bisa menyeimbangkan itu semua.

Daftar Pustaka
Sumanto. 2014. Psikologi Umum. Yogyakarta: PT.Buku Seru

0 comments:

Post a Comment