26.3.19

Pentingnya Hubungan Antara Orang Tua dan Anak


Tasa Astiyani
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Hubungan mesra pertama dari seorang manusia adalah hubungan ibu dan anak. Menurut Freud ( 1949 ), yang pertama kali dihadapi seseorang dalam perilaku mesranya adalah dengan ibunya pada saat melakukan aktivitas menyusui. Selama masa pertumbuhan, bayi mendapatkan makanan dan kesenangan dari ASI yang telah diberikan oleh ibunya. Sehingga mengurangi ketegangan si anak akibat rasa lapar. Melakukan aktivitas dalam mengurangi ketegangan selama tahap awal ini berperan penting bagi kehidupan seorang anak. Selain itu kebutuhan akan rasa aman, nyaman, dan kasih sayang merupakan faktor penting bagi perkembangan anak.

Interaksi antara ibu dan anak ini membentuk sebuah pola perilaku yang direfleksikan dalam sebuah hubungan diantara keduanya. Sebuah contoh perkembangan kepribadian sebagai akibat dari ikatan ini bisa dilihat dalam perilaku bayi yang selalu ingin berada dalam dekapan ibunya. Dalam hal ini menunjukkan bahwa kedekatan antara ibu dan anak memang sudah terjalin sejak usia bayi.

Selama masa pertumbuhan, kebutuhan seorang anak selalu terpenuhi oleh ibunya. Kebutuhan akan rasa aman dan nyaman memainkan peran penting dalam membuat sebuah interaksi yang positif. Meskipun dalam hal pembentukan sikap dan perilaku peran ayah juga sangat penting. Namun menurut Bowlby dan Ainsworth ( 1991 ), cinta antara ibu dan bayinya merupakan akibat dari kasih sayang yang terbentuk selama tahun pertama kehidupan.

Hubungan antara orang tua dan anak ini memang sangatlah penting dibentuk selama masa pertumbuhan dan perkembangan sejak masa anak-anak, masa remaja, dan masa dewasa awal sehingga memunculkan suatu hubungan yang berkelanjutan. Hubungan yang dibentuk sebagai upaya penanaman kebiasaan yang baik. Dengan harapan dapat membentuk kepribadian yang baik bagi anak. Karena pentingnya peran orang tua dalam hal pembentukan kepribadian, maka hubungan antara orang tua dan anak harus diwujudkan dengan baik.

Referensi :
Sokolova, Irina V., dkk. (2014). Kepribadian Anak: Sehatkah Kepribadian Anak Anda?. Yogyakarta : Katahati.

0 comments:

Post a Comment