18.3.19

Generasi Millenial VS Generasi Tempo Dulu


GENERASI MILENIAL VS GENERASI TEMPO DULU
Hesmi Nurhidayatun
18310401186




            Generasi modern seperti sekarang ini jika kita cermati banyak sekali membawa perubahan-perubahan pada kehidupan manusia. Tidak bisa di pungkiri semakin berkembangnya zaman berkembang pula pola pikir manusia mengikuti zamannya,manusia satu dengan yang lainya memiliki pola pikir yang berbeda-beda.
            Ada beberapa perbedaan antara generasi milenial dan generasi tempo dulu generasi milenial atau yang di kenal dengan generasi Z merupakan generasi yang kini menjadi perhatian di berbagai bidang,generasi milenial hidup pada era informasi yang di peroleh secara terbuka dari internet,kehidupan generasi milenial tidak lepas dari canggihnya teknologi dan informasi dari internet.Generasi Z sangat mengandalkan adanya kecepatan yang serba instan.
Bandingkan dengan generasi terdahulu jangankan internet dengan kecepatan super untuk berkomunikasi mereka hanya menggunakan surat menyurat mengandalkan pos,wartel dengan koin,koran. Namun semangat generasi dahulu melebihi semangat generasi milenial, tata krama sopan dan santun generasi jaman dahulu memang berbeda jauh dengan generasi serba internet di jaman milenial seperti sekarang ini.
Sangat diharapkan dari generasi milenial ini dapat membawa kemajuan yang lebih baik lagi untuk masa depan anak,cucu dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia tercinta tanpa meninggalkan dan melupakan nilai-nilai dan sejarah dari warisan nenek moyang bangsa Indonesia.
Masyarakat menginginkan kebebasan dalam bertindak mulai dari memilih sampai dengan kebebasan untuk berekspresi,berpendapat,sangat senang melakukan customization dan personalisasi. Jadi hadirnya generasi milenial ini jelas akan menjadi pengawas baru dan komentator serta pendorong perubahan (tapscott 2008:15).
            Seperti yang di kemukakan oleh Edward Lee Thorndike (1874-1949) yang menyatakan bahwa “Belajar yang baik harus adanya kesiapan dari organisme yang bersangkutan. Apabila tidak adanya kesiapan maka hasil belajarnya tidak akan baik” (Hergenhahn, 1976).
            Maka dari itu untuk mempersiapkan perkembangan zaman yang sangat pesat di butuhkan kesiapan dari masing masing individu,karena individu yang menentukan maju atau duduk di tempat dalam artian mau menjadi orang yang maju atau yang tertinggal.

REFERENSI
            Tapscott, don. 2008.   Grown up digital: How the Net Generation is Changing Your World.           USA:            McGraw Hill. Zuhal.   2000.   Visi Iptek Memasuki Milenium III. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
            Hergenhahn,    B.R.,    1976.   An        Introduction     to         Theories          of         Learning. Prentice-Hall, Inc.: Engelwood Cliffs New Jersey.

0 comments:

Post a Comment