31.3.19

Apa yang terjadi pada otak ketika tidur ?


Rr.Sekarlangit Ayuningtyas Rahawarin
18.310.410.1179
Psikologi umum II



     Kita sering mendengar bahwa tubuh kita membutuhkan waktu tidur selama 8 jam tidur.Jika tidak terpenuhi, kita akan mudah merasa lelah dan kekurangan energi dalam beraktivitas. Apa yang terjadi pada tubuh krtika kita tidur ? peranyaan sederhana yang bias kita dengar .pada artikel kali ini  akan membahas tentang artikel kali akan membahas tentang tahapan tidur yang terdiri dari   Gerak Biologis Ultradian, Infradian, dan Ritme Circannual.
     Gerak biologis(Ahsin;2007) adalah Perubahan gerak perilaku bersifat pervasif, kejadian itu sesuai dengan alamnya. Perubahan perilaku antara waktu tidur dan pada waktu bangun pada beberapa organisme adalah merupakan contoh yang penting yaitu contoh perubahan perilaku sirkadian, atau perubahan perilaku selama dua puluh empat jam menyangkut perubahan gerak (Ritme).
     Ritme Ultradian Perhentian ritme ultradian. Kepentingan dari sebuah ritme ultradian (menurut jurnal http://eprints.walisongo.ac.id ) adalah sembilan menit dari perputaran siklus tidur (REM) dan percepatan gerak atau fase tidur selama yang nampak dalam bermimpi. Banyak yang lain di otak dan fungsi tubuh, termasuk darah yang mengalir, hitungan metabolis, konsumsi oksigen, ukuran kerangka otot, dan seperti ukuran psikologi sebagai elektron encephlogram (EEG), dipamerkan mirip variasi ultradian.
     Ritme Infradian Ritme infradian nampak dari sebuah frekwensi yang kurang dari sekali putaran per hari (http://wikipedia.com) . Contoh yang jelas dari sebuah ritme Infradian di dalam putaran wanita yang lagi haid dimana berulang-ulang dengan sebuah frekwensi kira-kira dua puluh tujuh hari dari daur anatomi fisiologi dan perubahan perilaku yang berhubungan serta sinkronisasi variasi dengan fase perubahan haid. Termasuk perubahan hormon dan persilangan di dalam fisiologi variasi campuran dan organ-organ di dalam penambahan perubahan psikologi dan aspek-aspek perilaku emosional.
Penyelidikan dari pengaruh keilmuan atau kejelasan seperti bio ritme, teori ini tidak diperlihatkan untuk dijelaskan atau perilaku yang diprediksikan atau nampak mempunyai kekuatan dari kejadian, kesakitan, atau gejala-gejala seperti yang lain.
Ritme Sirkanual Ritme sirkanual, tentang ritme dari sebuah tahun adalah hadir di dalam dunia alami dan banyak menentukan penlaku dan perubahan fisiologi (Sujono;2006) . Kehidupan hewan-hewan lebih kurang waktu setahun. Hewan yang dingin dapat beradaptasi pada musim gugur dan berkembang pada musim gugur. Hewan itu pada musim semi menyediakan jaket dari kayu, tidur di musim dingin atau diperlihatkan sirkanual. Banyak perilaku di sarang-sarang burung yang banyak nampak di musim dingin yang mendukung dan menemukan yang hal-hal lain sebagai contoh penting dari sirkanual variasi alami.

Berdasarkan urian di atas dapat di simpulkan bahwa Pertama,terjadi penyimpanan dan retensi daya ingat. Pada saat tidur REM, terjadi pengaktifan neuron yang intensif yang menyebar ke atas dari batang otak. Hal ini dianggap sebagai penyebab meningkatnya penyimpanan dan retensi ingatan, serta memperbaiki kemampuan pengategorisasian informasi.Kedua,terjadi proses organisasi dan reorganisasi ingatan. Berbagai informasi yang ada dan melekat dalam ingatan ditata sebagaiamana penataan folder dalam komputer. Dalam kondisi tidur nyenyak, otak mengganti, memodifikasi, dan meningkatkan ingatan sesuai dengan keperluan.


Referensi:
Sujono, harto .(2006) .Diktat psikologi faal .Yogyakarta:Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Ahsin , Al-hafidz(2007).Fikih Kesehatan. Jakarta: Amzah press

0 comments:

Post a Comment