1.1.19

HARAPAN BARU UNTUK AWAL TAHUN DARI SEMINAR PRIBADI POSITIF DUKUNG ANTI BULLYING (15/12/18)


2019. Tahun baru pun telah dimulai tentu banyak hal dan harapan ditahun 2019 ini, tak lepas dari harapan-harapan yang dilantunkan tentu kita juga punya banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran di tahun sebelumnya. Motivasi-motivasi yang seolah menjadikan diri kita terpacu untuk melakukan suatu hal yang lebih baik untuk diri kita sendiri atau pun orang lain. Untuk orang lain? tentu, karena sesungguhnya manusia itu merupakan mahkluk sosial, artinya kita tidak dapat hidup sendiri tapi harus berdampingan dengan manusia lainnya. Karena manusia sewaktu-waktu akan membutuhkan bantuan dari orang lain dalam menjalankan kehidupan. Salah satu contohnya yaitu jika ingin mencapai suatu tujuan tertentu manusia akan saling bekerjasama untuk mencapai tujuannya tersebut.
Membahas mengenai kerjasama, kerjasama sendiri bisa dilakukan dengan orang lain yang ada pada lingkungan sekitar kita. Misalnya orang - orang yang ada disekolah, lingkungan masyarakat, diperusahaan atau bahkan di suatu organisasi kepanitian. Tentunya kerjasama bisa terbentuk karena adanya kepentingan yang sama salah satunya kepentingan untuk mencapai suatu tujuan. Biasanya dalam sebuah kepanitiaan kerjasama tim telah menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk mewujudkan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Kerjasama tim akan menjadi suatu dorongan sebagai energi positif maupun motivasi bagi setiap individu yang tergabung dalam sebuah tim kerja. Jika kerjasama tim dapat berjalan dengan baik, maka kelancaran berkomunikasi maupun rasa tanggung jawab pada setiap individu yang ada di dalam tim kerja akan terbentuk dengan baik dan selaras.
Mengenai kerjasama ini sendiri sangat saya rasakan dalam kepanitian seminar yang belum lama ini terlaksana, tepatnya tanggal 15 Desember 2018 yang mengangkat tema “Pribadi Positif, Dukung Anti Bullying”, disini saya sebagai salah satu panitia yang mendukung kesuksesan acara ini bersama teman- teman panitia yang lain, yang benar-benar merasakan betul arti sebuah kerjasama. Dalam hal ini, kali pertama awal pembentukan tim kepanitiaan bapak Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi. MA selaku dosen pendamping acara seminar begitu ketat melakukan seleksi pada mahasiswa yang memiliki komitmen, mampu dan mau untuk bekerjasama dalam tim. Rapat pun sering dilakukan baik via online maupun bertatap muka secara langsung, baik untuk pembagian jobdesk, ataupun konsultasi kendala-kendala saat menjalankan tugas. Disini kita juga harus menuntut diri kita sendiri untuk benar-benar berfikir kreatif dan inovatif, untuk bisa mencapai target dan juga harus bisa menjalin banyak relasi dari berbagai pihak untuk mendukung kelancaran acara ini. Disinilah soft skill para panitia benar-benar terasah. Dari mulai siaran diberbagai stasiun radio hingga harus bertatap muka langsung dengan para pemimpin perusahaan.


Dari kesuksesan acara ini pun tak lepas dari kendala yang di hadapi salah satu contohnya yaitu saat moderator tidak dapat menghadiri acara karena sesuatu hal,  para panitia dituntut untuk bisa menyatukan pendapat hingga kendala ini dapat terselesaikan bersama dan acara berjalan lancar. Prihal manajemen waktu pun juga menjadi salah satu kendala karena sebagian besar panitia tim yang notabennya mahasiswa yang aktif diperkuliahan dan sebagian juga aktif bekerja. Disinilah kita dilatih untuk bisa profesional memanajemen waktu, untuk bisa berkomitmen serta bertanggung jawab sehingga semua berjalan dengan selaras. Dari situlah para panitia benar-benar terasah soft skillnya karena tidak hanya teori yang kita dapatkan namun juga praktek nyata, sehingga hal tersebut dapat dijadikan salah satu bekal saat lepas dari bangku perkuliahan menuju dunia kerja.
Disini tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan saya banyak pelajaran berharga diacara seminar (15/12/18),  para anggota tim panitia yang keren hingga pendamping seminar yang luar biasa, semua pihak yang telah bekerja keras sehingga acara (15/12/18) sukses terlaksana, terima kasih diucapkan kepada bapak Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi, MA yang terus membimbing kami sebagai panitia hingga acara terlaksana dengan luar biasa, dan para anggota tim antara lain, Ana istiqomah selaku sekretaris yang bekerja keras untuk pembuatan proposal ataupun surat menyurat hingga para tamu undangan dapat hadir, Reni suryani sebagai bendahara yang hebat memanajemen mengatur pemasukan dan pengeluaran dana, Rio wahyu nugroho selaku perkap yang menyiapkan hingga mengatur tempat hingga acara kita dapat berlangsung lancar, Shofi malchani yang membuat iklan kita makin keren baik poster, backdrop, stiker, seminar kit dll, Nir bita melani yang mengatur jalannya acara hingga acara dapat berjalan sebaik mungkin, Nur roy tri rahayu yang luar biasa perjuangannya hingga pemilihan konsumsi terbaik, Meysella Al Firdha sebagai humas sehingga surat bisa sampai ketujuan dan semangat mencari peserta seminar. Tak lupa juga diucapkan terima kasih kepada Yudha andri selaku kakak tingkat yang berkontribusi besar dalam acara ini hingga terlaksana dengan lancar. Serta ucapan terima kasih untuk para sponsor yang telah mendukung acara kami dan berbagai pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Untuk anggota tim selanjutnya semoga hambatan dan kendala seminar (15/12/18) dapat menjadikan motivasi dan pembelajaran hingga acara selanjutnya dapat berjalan lancar tanpa hambatan suatu apapun. Karena jika usaha sudah kita lakukan semaksimal mungkin hasil tidak akan menghianati. Karena usaha kita sebanding lurus dengan hasil yang kita peroleh.
Semangat untuk kesuksesan di tahun 2019 J   
Acara (15/12/2018) Seminar “Pribadi Positif, Dukung Anti Bullying”
Mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang telah berkontribusi besar dalam acara kami :
1.      Bengkel Motor Honda Ahass Hadi Motor
2.      SmartFM
3.      RRI
4.      PT. Bakoelan Rempah Indonesia
5.      Mina Swalayan
6.      Jolie Accessories fashion
7.      Prompt compu-work
8.      Goeboeg Bamboe
9.  Djee Collection
10.  Air-Ku
11.  Lazaa Plastik 754
12.  BJ Home
13.  Demiemax
14.  Warung Sate dan Soto Cak Umarsa’i
15.  ASA penyalur resmi Aqua
16.  Andi Offset
17.  Penginapan Anggun
18.  SS (Spesial Sambal)
19.  Madu Nusantara
20.  Siomay Tulen Jogja
21.  Roti TOP’S
22.  PT. Naturindo Fresh







  

0 comments:

Post a Comment