5.1.19

BERBAGI PENGALAMAN MELALUI “SEMINAR LOKAKARYA MENJAWAB BERBAGAI PROBLEMATIKA GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN”



BERBAGI PENGALAMAN MELALUI “SEMINAR LOKAKARYA MENJAWAB BERBAGAI PROBLEMATIKA GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN”

TASA ASTIYANI
16. 310. 410. 1149



Pengalaman adalah Guru Terbaik. Dengan pengalaman bisa menambah wawasan mulai dari apa yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu. Pengalaman itu sendiri bisa berupa hal terpenting ataupun hikmah dari suatu peristiwa. Berbicara soal pengalaman, di akhir tahun 2018 yang lalu pada hari Minggu, 16 Desember 2018 Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan acara dengan Tema “Seminar Lokakarya Menjawab Problematika Guru Dalam Melaksanakan Penelitian”. Yang bertujuan untuk menambah wawasan Guru dan Mahasiswa dalam melakukan penelitian.



Dalam hal ini, Bapak Fx Wahyu Widiantoro, S.Psi. MA. selaku dosen psikologi UP45 yang juga merupakan dosen pendamping acara seminar tersebut begitu aktif dan sering memberikan bimbingan-bimbingan mengenai apa saja hal yang harus dilakukan agar acara tersebut bisa berjalan dengan lancar. Tentunya hal ini menjadi pengalaman yang cukup berarti bagi saya dan tim panitia yang lain. Karena dalam acara inilah kami belajar banyak hal, mulai dari mencari peserta, mencari sponsor, dan menyiapkan berbagai hal demi kelancaran acara tersebut. Disini kami diajarkan untuk berpikir selangkah lebih maju, seperti mencari peserta contohnya. Dalam proses penjaringan peserta kami belajar bahwa untuk mengajak dan meyakinkan seseorang membutuhkan ketrampilan berbicara yang baik untuk menarik minat seseorang agar tertarik untuk mengikuti acara ini. Kemampuan dalam berbicara yang baik pun juga diperlukan untuk menjalin relasi agar bersedia mendukung demi kelancaran acara ini.

Berbagai kendala dalam proses penjaringan peserta dan sponsor kami alami. Sering juga terjadi perbedaan pendapat diantara kami. Dan kami pun dituntut saling kerjasamanya untuk menyatukan pendapat. Dari pengalaman ini saya banyak belajar bahwa menjadi panitia dalam sebuah acara dibutuhkan suatu sikap sabar, tidak mudah emosi, dan memiliki rasa tanggung jawab agar bisa terbangun suatu kerjasama yang solid antar anggota. Harapan saya untuk acara selanjutnya agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang lagi. Dari pengalaman inilah kita belajar bahwa untuk meraih kesuksesan dibutuhkan sebuah usaha dan kemauan untuk belajar dan siap dalam menghadapi proses apapun yang kita lalui.
Ucapan terimakasih kepada :
  • -          Tuhan Yang Maha Esa
  • -         Ibu Dra. Elli Nur Hayati, Mph., Phd ( Pemateri )
  • -          Bp. Drs. Indra Wahyudi Msi ( Pemateri sekaligus Dosen Fakultas Psikologi UP45 )
  • -          Ibu Dra. Muslimah Zahro Romas Msi ( Dekan Fakultas Psikologi UP45 )
  • -          Bp. Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi. MA ( Dosen pendamping acara Seminar )
  • -          Yudha Andri
  • -          Rekan – rekan anggota panitia seminar.
  • -          Seluruh sponsor dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam acara ini.

1 comment: