10.7.18

TINGKAT PENCEMARAN MAKIN TINGGI



RESENI PSIKOLOGI LINGKUNGAN
Fatkhul aziz
16.310.410. 1141



TINGKAT PENCEMARAN MAKIN TINGGI
(Pemkab didesak serius atasi TPST piyungan)
            Keberadaan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST )piyungan makin dikeluhkan akibat tingginya tingkat pencemaran yang ada di sekitarnya. Tidak hanya pencemaran udara, kualitas air juga dikeluhkan semakin buruk. Seperti yang dikatakan warga sekitar mengeluhkan aroma sampah yang tidak sedap semakin meluas tidak hanya di sekitar TPST radius 4 km.
            Untuk mengatasi persoalan sampah tidak mudah seperti membalikkan kedua telapak tangan, artinya tidak boleh menyalahkan satu pihak ini tanggung jawab kita bersama, misal kita sebagai warga jangan buang sampah di jalan – jalan di wilayah kota jogja dan sekitarnya, jangan mengkonsumtif bungkus plastik, karena sampah yang ada di piyungan berasal dari penduduk jogja dan sekitarnya.

            Mari kita dukung pemerintah daerah DIY yang sudah mengerahkan jajarannya untuk mengatasi sampah ini dengan melakukan pendekatan manajemen teknologi tinggi yang lebih ramah lingkungan , kita yakin pemda DIY punya pakar yang mumpuni untuk mengatasi pengolahan sampah, seperti yang dilakukan banyak negara smapah sudah dikelola menjadi sumber energi sehingga sampah tidak lagi menjadi masalah justru menjadi berkah.
            Kita mulai dari diri kita dengan membiasakan mengumpulkan  sampah terus di tabung di bank sampah, karena di wilayah jogja sudah banyak bank sampah – bank sampah berdiri.

Sumber : kedaulatan rakyat, jum’at 13 april 2018, halaman 3.

0 komentar:

Posting Komentar