9.7.18

Psikologi Berbagi

KAUM MUDA YANG POTENSIAL

FAHRUNISA YENI ASTARI
16 310 410 1156
PSIKOLOGI ABNORMAL


             Mahasiswa Fakultas Psikologi kelas karyawan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan kegiatan Psikologi Berbagi bertema 'Kaum Muda yang Potensial' menyasar kawula muda di Kelurahan Klitren Yogyakarta, Sabtu (28/4/2018) malam. Tim mengundang para tokoh masyarakat Kelurahan Klitren, antara lain Ketua LPMK, Babinkamtibmas, Babinsa, dan Ketua Karang Taruna. Kegiatan diikuti puluhan muda-mudi Klitren.



Lurah Klitren, Bapak Anggit Safrudin menyambut baik dan mendukung kegiatan yang diinisiasi mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif untuk mengembangkan potensi pemuda-pemudi Klitren agar lebih maju. Anggit berharap, kegiatan pengembangan potensi dari mahasiswa tidak hanya sekali, namun berkelanjutan dengan menggandeng Karang Taruna. "Agar dampaknya lebih terasa, saya sangat berharap ada program-program pengembangan softskills selanjutnya yang diberikan mahasiswa. Kami siap mendukung",  ungkap Bapak Anggit.
Psikologi Berbagi merupakan salah satu perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi Fakultas Psikologi UP45, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Program ini sekaligus wahana penerapan ilmu-ilmu psikologi yang telah didapat mahasiswa di kelas, agar bermanfaat bagi masyarakat. Psikologi Berbagi wujudnya beragam, kali ini difokuskan pada pengembangan potensi kawula muda.

Ketua tim Psikologi Berbagi kali ini yaitu Ning Nurani menjelaskan, konsep kegiatan berupa ceramah interaktif yang disampaikan para mahasiswa dilanjutkan diskusi. Materi yang disampaikan oleh Adi terkait pengembangan potensi generasi muda. “Di era digital saat ini, para generasi muda cenderung sangat tergantung pada gadget. Tanpa diimbangi upaya menggali potensi diri, dikhawatirkan generasi kehilangan karakter dan jati dirinya”, tutur Ani yang juga berprofesi sebagai guru TK.
Kesuksesan acara tidak terlepas dari kekompakan tim Psikologi Berbagi yang melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya yaitu, Fatkhul Aziz yang menyiapkan akomodasi. Nurul Widiastoni yang mendistribusikan undangan ke lingkungan RW dan publikasi di Move On Psikologi UP 45. Yusuf Wardana yang mendesain poster publikasi sekaligus menjadi MC . Asep Singgih Wijanarko yang menyiakan akomodasi dan dokumentasi. Chatu Septiana yang menyusun undangandan mengurus publikasi di surat kabar. Fahrunisa Yeni Astari sebagai MC, mendesain tiket acaradan menyajikan materi ice breaking. Pipit Rohmania Khajati dan Septiana Abidin sebagai penerima tamu dan mendistribusikan snack. Yona Sahputri Luspartiwi yang mengumpulkan doorprise dan menyiapkan daftar hadir peserta.



Kami merasa kemampuan bersosialisasi perlu terus dikembangkan melalui berinteraksi dengan masyarakat secara lebih luas sehingga kepercayaan pada diri sendiri dan potensi diri pun terus berkembang. Teriring ucapan terima kasih atas segala dukungan sehingga terlaksananya kegiatan ini. Kepada Bapak Rektor UP45, Ir. Bambang Irjanto, MBA. Ibu Dekan Fakultas Psikologi UP45, Dra. Muslimah Zahro Romas, M.Si. Ibu Dewi Handayani H, S.Psi., M.Psi. Bapak Wahyu Widiantoro atas bimbingannya. Kepada teman-teman tim yang selalu kompak, Kedai Janji Johnny dan semua pihak yang telah berkenan bekerjasama.

0 komentar:

Posting Komentar