10.7.18

MENJAGA MASA DEPAN BUMI



RESENSI PSIKOLOGI LINGKUNGAN
Fatkhul aziz
16.310.410.1141

MENJAGA MASA DEPAN BUMI
            Pada tanggal 22 april 2018 masyarakat internasional memperingati hari bumi yang ke 48. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau setiap tanggal 22 april diperingati sebagai hari bumi. Hal ini wajar karena sosialisasi tentang hari bumi di indonesia belum familiar, padahal manfaatnya sangat penting yaitu masyarakat disadarkan akan pentingnya masalah lingkungan.kareana kerusakan lingkungan sudah sampai tahap membahayakan manusia yang disebabkan oleh perusakan hutan, muncuknya pabrik – pabrik tanpa memikirkan limbahnya dan juga penerapan teknologi pertanian dengan menggunakan pupuk kimia serta pembajakan dengan traktor padahal itu semua bikin tanah kurang subur karena tercemar mesin traktor.
            Cara masyarakat mendapatkan sumber dayanya menyebabkan menurunnya proses alamiah yang mendukung kehidupan bumi. Jika dicermati manusia saat ini mengubah sebagian besar ekosistem secara dramatis pada jangka waktu singkat, yang mengarah ke pemanasan global yang menyebabkan terjadinya bencana dimana  - mana seperti : banjir, tanah longsor yang disebabkan cuaca yang ekstrim.
            Sebenarnya fenomena ini bisa diminimalisir yaitu kita mulai membiasakan menjaga lingkungan dengan cara menanam kembali pohon – pohon yang di rusak, kembali menggunakan kearifan lokal untuk mendukung teknologi pertanian denan cara menggunakan pupuk organik, jangan membunuh rantai ekosistem.
            Dengan moment hari bumi yang diperingati setiap tanggal 22 april mari bahu membahu mengatasi lingkungan yang sudah serius kerusakannya, dengan usaha yang nyata masa depan bumi dapat diselamatkan. Ingat bumi ini bukan warisan nenek moyang tapi titipan dari anak cucu.


Sumber : Wiharyanto ,A. Kardiyat, opini kedaulatan rakyat , senin 23 april 2018 ,halaman 11.

0 comments:

Post a Comment