10.7.18

Sungai Sebagai Pusat Peradaban


Sungai Sebagai Pusat Peradaban

NURUL WIDIASTONI

163104101152
PSIKOLOGI LINGKUNGAN




            Sebuah wadah bagi penggiat sungai di Sleman yaitu FKSS (Forum Komunikasi Sungai Sleman) yang di ketuai oleh AG Irawan, mengatakan “kita belajar dari sejarah, bahwa pusat peradaban itu ada dipinggir sungai. Faktanya, semua candi ada dipingir sungai. Oleh karenanya, kita ingin mengembalikan sungai sebagai pusat peradaban”.

            FKSS adalah sebuah forum yang terbentuk dari sekian banyak aliran sungai, besar maupun kecil yang berada di Sleman. Di Kabubaten Sleman sudah ada 18 forum sungai, dan nantinya akan terus bertambah. Karena semakin banyak komunitas , semakin diperhatikan juga sungainya.

            Di samping itu juga FKSS akan terus mengkritisi kebijakan pemerintah daerah khususnya yang ada di Sleman terkait pembangunan infrastruktur yang berdekatan aliran sungai. Dan juga akan mendorong dan mengajak pemerintah agar bersikap tegas terhadap pembuang limbah di sungai dan terus menunggu serta mempertanyakan terkait pembangunan beberapa industri, termasuk hotel yang berada di dekat mata air.

            Artikel di atas mempunyai nilai positif diantaranya memberitahukan kepada pembaca akan pentingnya menjaga sungai, karena sungai adalah pusat peradaban. Dan ternyata banyak orang-orang yang perduli terhadap sungai. Semoga pembaca terdorong untuk selalu mencintai lingkunganya.

Sumber : Tribun Jogja

0 comments:

Post a Comment