10.7.18

Sungai Terjaga Pasti Orangnya Maju


Sungai Terjaga Pasti Orangnya Maju
NURUL WIDIASTONI

163104101152
PSIKOLOGI LINGKUNGAN



            Rausan warga berbagai dusun gelar merti kali boyong pada hari minggu 13 mei 2018 acara diiringi iringan bregodo disusul pawai para warga dusun jaban, sinduharjo, mhaglik, sleman. Semua warga berkumpul  mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga tua, bahu membahu meramaikan acara adat, sekaligus pembentukan forum komunikasi sungai sleman (FKSS).

            Bupati sleman sri purnomo mengataka, “bahwasanya di ekosistem di kali boyong masih terjaga secara baik. Hal tersebut terbukti masih adanya berbagai jenis capung dan hewan air lainnya, yang bisa didapati di sungai boyong”. Lanjut ungkapan pak bupati, “sungai merupakan ciri khas suatu daerah. Jika daerahnya memiliki sungai yang terjaga baik, maka dapat di ketahui daerah tersebut maju”.

            Sangat pentng sekali edukasi terhadap kesadaran pentingnya kebersihan sungai harus selalu di galakkan. Jangan sampai sungai-sungai dijadikan tempat pembuangan limbah, baik limbah rumah tangga atau industri. Sungai itu jangan sampai di kotori. Sebagai ciri khas orang yang sudah maju adalah tidak membuang sampah ke sungai.

Artikel ini memberikan makna kepada pembaca bahwa sungai sangat penting untuk di jaga kebersihannya. Toh nanti jika sungainya bersih warga sekitar sungai juga akan merasakan manfaatnya. Slogan yang menarik, penulis sering jumpai di sekitar sungai “kaliku yo kalimu”, secar tidak sadar menyadarkan pembaca untuk mencintai sungai demi kemakmuran bersama.

Sumber : tribun jogja

0 comments:

Post a Comment