10.7.18

ARTIKEL PSI LINGKUNGAN ; Sejumlah Rumah Tertimpa Pohon


Sejumlah Rumah Tertimpa Pohon

PENGARANG             : Septiana Abidin
SUMBER                    : Kedaulatan Rakyat
NIM                            : 16.310.410.1147
PENULIS                    : AWH
TANGGAL TERBIT    : Rabu 10 Januari 2018

            Awal tahun 2018 di Indonesia memasuki musim hujan dengan intesitas yang sangat tinggi. Diberbagai daerah rawan longsor seperti pemukiman warga yang berada di bawah kaki pegunungan mereka sebaiknya sudah diperingati oleh BMKG untuk selalu waspada dengan adanya longsor bahkan pohon tumbang. Bila musim hujan tiba banjir adalah bencana alam yang sudah selalu biasa bagi warga Indonesia terutama Ibukota Jakarta karena Jakarta adalah Ibukota yang sangat padat sekali bangunan besar. Bangunan besar yang tidak diatasi dengan penaman pohon membuat suasana Jakarta semakin panas. Bagaimana tidak banjir karena Jakarta kota padat penduduk yang mana mereka tidak memperdulikan akan lingkungan sampah.
            Begitu juga salah satu daerah di Yogyakarta, sejumlah rumah di Perbukitan Prambanan rusak akibat tertimpa pohon. Hujan deras disertai angina kencang juga mengakibatkan akses jalan tertutup akibat pohon tumbang. Setidaknya ada empat rumah milik warga Prambanan yang tertimpa pohon. Pohon yang berdiameter 30 sentimeter itu roboh dang menghalangi badan jalan raya yang akibat nya membuat kemacatan panjang. Pohon yang tumbang itu memang akar-akarnya sudah tua sehingga melalang di jalan besar.
Hal Positif : Penulis sangat berinisiatif memberikan informasi dini tentang bencana yag terjadi di Yogyakarta, dari bencana yang tidak menimbulkan korban jiwa ini namun hal baik yang dapat diambil adalah waspada selalu di jalan apabila turun hujan lebat.
Hal Negatif : Jika dilihat dari informasi Kedaulatan Rakyat ini seharus nya pemerintah setempat atau pun polsek setempat membantu gotong royong,namun di dalam  kejadiana ini malah relawan dan warga sekitar yang membersihkan pohon yang tumbang.

0 comments:

Post a Comment