10.7.18

ARTIKEL PSI LINGKUNGAN : Puluhan Rumah Hancur Tertimpa Pohon


Puluhan Rumah Hancur Tertimpa Pohon



PENGARANG             : Septiana Abidin
SUMBER                    : Kedaulatan Rakyat
NIM                            : 16.310.410.1147
PENULIS                    : ERO
TANGGAL TERBIT    : Rabu 10 Januari 2018
            Musim penghujan yang tiba di Indonesia membuat warga Yogyakarta resah karena Yogyakarta juga memiliki pohon-pohon yang sangat besar yang akar nya juga sudah memakan di bahu jalan raya. Hujan deras disertai angina kencang ( putting beliung ) dengan durasi lebih dari satu jam melanda daerah Wonosari. Peristiwa ini mengakibatkan puluhan rumah hancur tertimpa pohon. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,tetapi dampak terjadinya bencana angina kencang bersamaan dengan hujan deras ini menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. Puluhan tumah rusak dan porak poranda akibat tertimpa pohon dan rusak akibat diobrak abrik angina disertai hujan deras.
            Kepastian untuk kerugian sedang pemerintah setampat hitungkan. Bencana tersebut terjadi di luar dugaan. Pada Selasa pagi hingga siang hari,kondisi langit hanya berawan tipis,tetapi pada sore hari mendadak muncul mendung hitam pekat dan tak berselang lama terjadi hujan deras. Selain hujan deras dan angina kencang,kedua desa disalah satu Kota Gunungkidul mendadak berkabut hingga pekat sehingga seluruh penghuni rumah berhampuran keluar rumah agar mereka tidak tertimpa pohon besar yang ada di salah satu desa mereka. Bersamaan hujan deras dan angina kencang,ratusan pohon besar tumbang

Hal Positif : BPBD sangat dini dalam menanggani bencana alam yang sedang terjadi di Kota Gunungkidul ini. Sehingga sangta cepat respon nya ketika terjadi bencana alam.
Hal Negatif : Warga sekitar seharusanya sudah mengetahui tanda-tanda bencana alam lebih baik mengungsi ke daerah yang aman bukan malah hanya dirumah karena menjaga barang serta harta mereka karena sudah ada peringatan dini dari BMKG.


0 comments:

Post a Comment