16.4.18

RESENSI ARTIKEL : Tanah Longsor Terjadi di Sejumlah Wilayah


Tanah Longsor Terjadi di Sejumlah Wilayah



PENGARANG             : Chatu Septiana
SUMBER                    : Kedaulatan Rakyat
NIM                            : 16.310.410.1155
PENULIS                    : BMP
TANGGAL TERBIT    : Rabu 7 Maret 2018

            WONOSARI ( KR ) – Hujan deras disertai angina menyebabkan terjadinya tanah ongsor, banjir dan pohon tumbang di sejumlah tempat wilayah Kabupaten Gunungkidul. Tanah longsor dan pohon tumbang terjaid di wilayah Wonosari karena wilayah ini termasuk dataran tinggi dan pegunungan yang sangat berresiko tinggi tanah longsor dan juga pohon tumbang karena di daerah ini juga di tanami pepohonan besar yang akar mya sudah tua dan terlihat bercabang di area jalan aspal. Area sungai oya adalah daerah rawan akan banjir yang sangat berbahaya bagi warga sekitar dan sebaiknya warga sekitar juga disarankan untuk mengungsi.
            Derasnya hujan di awal tahun 2018 dapat menyebabkan banjir di daerah Wonosari ini. Banjir yang sudah melanda di beberapa kecamatan di Wonosari ini sudah berangsur surut. Namun banjir yang sangat tinggi membuat warga harus mengungsi di daerah yang lebuh tinggi lagi. Terjadinya banjir dan juga tanah longsir menganggu badan jalan yang membuat kemacatan parah di daerah Wonosari dan kemacatan ini belum teratasi karena pemerintah kurang sigap dalam menyiapkan alat-alat untuk mengatasi banjir dan material tanah longsor.
Hal positif : Sungai Oya yang membuat banjir daerah wonosari ini di duga juga karena sampah yang menyumbat saluran sungai akibat material dari pohon yang tumbang.
Hal Negatif : Pemerintah sangat kurang sigap dalam mengatasi banjir dan juga tanah longsor di daerah Wonosari karena tidak menurunkan personel dari pemerintah untuk mengatasi tanah longsor.



0 comments:

Post a Comment