16.4.18

RESENSI ARTIKEL : Warga Banataran Sungai Oya Disarankan Relokasi


Warga Banataran Sungai Oya Disarankan Relokasi



PENGARANG             : Chatu Septiana
SUMBER                    : Kedaulatan Rakyat
NIM                            : 16.310.410.1155
PENULIS                    : ROY
TANGGAL TERBIT    : Rabu 14 Januari 2018


            Bantul ( KR ) – Pusat Vulkanologi dan Migitasi Bencana Geologi menilai sejumlah bangunan di bantaran SungaI Oya perlu segera direlokasikan ke tempat aman. Daerah tersebut sangat rawan terjadinya longsor akibat abrasi Sungai Oya. Relokasi jauh lebih murah biayanya disbanding dengan pembangunan insfrastruktur setelah bencana abrasi dan tanah longsor.Pusat Vulkanologi juga meminta agar Sungai Oya segera dinormalisasi supaya aliran air tidak menimbulkan keruskan tebing di sisi kiri dan kanan sungai. Dengan kerusakan yang sudah terjadi ini memang harus direlokasikan. Hitungan biaya relokasi ini di anggarkan lebih sedikit agar tidak terlalu banyak meminta bantuan warga daerah setempat.
            Dalam kondisi cuauca hujan seperti ini diprediksikan muka tanah bakal semakin turun. Sehingga berpotensi banjir dan akan mengakibatkan abrasi. Oleh karena pemerintah meminta warga sekitar untuk masyarakat agar selalu waspada jika di hulu sungai terjadi hujan. Jika musim hujan yang sangat deras melanda daerah setempat sudah pasti warga harus selalu waspada dan mengungsi untuk keselamatan nyawanya. Setelah dicermati potensi bencana itu tidak hanya dating dari terjangan air Sungai Oya,namun dari tebing di perkampungan sepanjang sungai yang berpotensi longsor.

Hal positif : Pemerintah sangat tanggap dalam menanggapi bencana ini karena pemerintah sudah mengantisipai semua cara ketika longsor itu terjadi.
Hal Negatif : Warga sekita Sungai Oya kurang tanggap ketika pemerintah sudah memberikan informasi dari BMKG akan bahaya dan waspada longsor.

0 comments:

Post a Comment