16.4.18

RESENSI ARTIKEL : BELANJA PETIK SAYUR DARI KEBUNNYA


 BELANJA PETIK SAYUR DARI KEBUNNYA
Nama : Meissy Bella Sari
Nim : 163104101143
Psikologi Lingkungan



Gerai agromart yang berada di Pendukugan Randubelang, Bangunharjo, Sewon, Bantul, memiliki  ciri khas sendiri dimana sang konsumen tak langsung membeli barang yang hendak dibeli melainkan langsung megambil sendiri produk sayur-sayuran di sebuah kebun yang terletak disamping gerai agromart.
Agromart sendiri memang dikonsepkan layaknya ritel-ritel lainnya. Bedanya took ini diberikan layanan berbeda kepada kosnumen, adapun produk yang menjadi andalan yakni hasil pertanian dan olahan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Konsep ini membuat bu-ibu tertarik membeli sayur-sayuran segar di gerai tersebut. Apalgi sayuran dijamin sehat, karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia saat proses penanaman, artinya semua bahan macam pupuk menggunakan bahan organik. Tepat tersebut bukan hanya dirancang untuk sebagai lading usaha melainkan juga untuk dijadikan sebagai sarana edukasi masyarakat agar lebih sadar dengan lingkungan.
Dengan berinteraksi dengan alam diharapkan masyarakat semakin cinta dengan lingkugan sekaligus mengajak masyarakat untuk hidup dengan produk oangan yang terbebas dari bahan kimia.
Yang menarik pada artikel ini adalah konsep ritel yang menawarkan ke pembeli berinteraksi langsung dengan alam adalah yang pertama di Daerah Istimewah Yogyakarta, hal ini pastinya sangat membantu memberikan wawasan bagi para konsumen agar sadar dengan lingkungan sekita mereka dan untuk lebih memilih produk yang segar dan terbebaskan dari bahan-bahan kimia.
Kesimpulan, kegiatan seperti yang diadakan di agromart tersebut harusnya lebih mampu terrealisasikan lebih luas dengan bantuan dari pemerintah, karena selain menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan sekitar hal tersebut juga mampu menjadikan masyarakat untuk hidup sehat dengan mengonsumsi produk yang dijamin hasilnya.

Sumber :
Tribun Jogja, 24 Desember 2017

0 comments:

Post a Comment