24.4.18

NDC BELUM SAMPAI DAERAH


PSIKOLOGI LINGKUNGAN
Fatkhul aziz
163104101141

NDC BELUM SAMPAI DAERAH
                Janji indonesia kepada dunia untuk berkontribusi dalam penurunan emisi membutuhkan keterlibatan masyarakat dan pemerintah daerah. tanpa hal in,penurunan emisi sebesar 29-41 persen mustahil trcapai.
            Kontribusi nasional yang ditetapkan indonesia hingga kini belum terkomunikasikan ke daerah. Ini daerah membuat kebingungan dalam menjalankannya implementasinya di lapangan.
Dalam dokumen kontribusi nasional yang ditetapkan (NDC ), indonesia merinci penurunan emisi 29 persen ( dngan upaya sendiri ) hingga 41 persen  ( dengan upaya asing ) pada 2030 dalam sektor kehutanan, energi, pertanian, limbah / sampah, dan industri. Sumber pengurangan terbesar pada kehutanan sebesar 17,2 persen dan energi 11 persen.
Namun dari beberapa perwakilan Badan perencanaan pembangunan daerah seperti papua barat dan jambi belum jelas untuk kontribusinya tiap daerah untuk mencapai 17 persen.
Dari urian diatas  saya setuju indonesia ikut berkontribusi dalam penurunan emisi akibat polusi kenalpot kendaraan, pembakaran liar, efek rumah kaca dan lain – lain namun tanpa dukungan kita semua dan pemerintah daerah akan mustahil tercapai.maka pemerintah harus menyampaikan sampai kedaerah – daerah berapa kontribusi tiap daerah seperti yang di keluhkan beberapa perwakilan Bapeda agar. segera dapat terwujud.karena menurut emma rahmawaty direktur mitigasi perubahan iklim  kementrian lingkungan hidup dan kehutanan,, NDC menggunakan pendekatan sektor bukan wilayah administrasi, apabila pemerintah tidak segera menjelaskan, daerah akan kebingungan.dan juga masyarakat harus sadar tentang lingkungan dengan cara kurangi menggunakan rumah pakai kaca, pakai ac,penebangan liar, memakai kendaran secara sendiri – sendiri agar terhindar dari kemacetan yang mengakibatkan polusi.
Sumber : KOMPAS rabu 21 maret 2018, halaman 13.



0 comments:

Post a Comment