24.4.18

BANJIR BANDANG RUSAK 17 MOBIL


PSIKOLOGI LINGKUNGAN
Fatkhul aziz
163104101141

BANJIR BANDANG RUSAK 17 MOBIL
            Sebanyak 17 mobil dan sejumlah sepda motor rusak saat banjir bandang menerjang kawasan cicaheum jalan ahmad yani kota bandung. Banjir bandang akibat jebolnya sungai cipomakolam. Banjir membawa batang – batang pohon , batu dan lumpur.banjir bandang di duga akibat hujan di hulu yang disertai angin kencang melanda kota bandung pukul 15: 00, yang mengakibatkan kemacetan sekitar 3 kilo meter.
            Sebelum kejadian banjir bandang , terjadi hujan es di cimayan kabupaten bandung. Menurut kepala DKPB kota bandung ferdi ligaswara , bencana ini jadi peringatan bagi kita terkait pembangunan pemukiman dan perhotelan yang tdak terkendali dikawasan hulu bandung utara dan kawasan hulu resapan dan ruang terbuka hijau makin berkurang.
            Dari uraian diatas saya menyimpulkan bahwa terjadinya banjir ini karena pembuangan sampah di sungai sehingga menghambat lajunya air di sungai , yang kedua karena merebaknya pembangunan hotel dan pemukiman yg tidak terkendali dan fenomena alam . oleh karena itu pemerintah propinsi jawa barat khususnya pemerintah kota bandung harus tegas jangan tebang pilih dalam pelarangan pendirian pembangunan dan harus perketat ijin  mendirikan bangunan  dan pemerintah daerah membuat perda tentang pengurangan pemakaian kendaraan di kota bandung untuk mengurangi polusi yang mengakibatkan fenomena alam yang ekstrim .
    Sumber : kompas , rabu 21 maret 2018, halaman 21


0 comments:

Post a Comment