9.4.18

MENGENAL GANGGUAN HIPOKONDRIASIS


MENGENAL GANGGUAN HIPOKONDRIASIS
Senin, 09 April 2018

Nama : Nurul Widiastoni
NIM : 163104101152
Mata kuliah : Psikologi Abnormal


Gangguan hipokondrik merupakan suatu preokupasi yang tidak disertai dengan waham dan terjadi selama minimal 6 bulan disertai dengan perasaan takut terhadap suatu penyakit serius. Atas dasar kesalahan interpretasi terhadap gejala-gejala pada tubuh seseorang tersebut akan menimbulkan keinginan untuk melakukan pemeriksaan medis secara berulangulang serta mengakibatkan gangguan pada fungsi sosial, pekerjaan, atau fungsi penting lainnya (Maslim R., 2003; Sadock B.J, 2007).
Dalam Fallon B.A., 2012 dan Sadock B.J, 2007, Gangguan hipokondrik dilaporkan terjadi sekitar 4-6% dari pasien-pasien yang datang berkunjung ke poliklinik, dengan kasus pada laki-laki sama dengan perempuan yaitu pada usia 20 hingga 30 tahun.
Beberapa studi mengatakan gangguan hipokondrik harus diterapi dengan suatu psikoterapi seperti manajemen stres, terapi perilaku, terapi kognitif, hingga hipnosis serta terapi farmakologis yang setara dengan terapi pada penyakit gangguan cemas meliputi penggunaan obat-obat anticemas (Xiong et.al., 2007; Maslim R., 2007; Sadock B.J, 2007).
Gangguan hipokondrik merupakan salah satu gangguan psikiatri yang termasuk ke dalam gangguan somatoform. Secara umum gangguan somatoform ditandai dengan adanya keluhan-keluhan fisik yang berulang yang disertai dengan permintaan pemeriksaan medik meski terbukti hasilnya negatif (Ajiboye P.O., 2013; Maslim R., 2003).
Contoh kasus
Seorang perempuan berusia 28 tahun dengan keluhan sulit tidur sejak 6 bulan yang lalu dan disebabkan oleh keluhan sakit kepala yang tidak kunjung sembuh. Keadaan ini terjadi karena masalah yang terjadi pada keluarga pasien yaitu anak pasien pernah menderita suatu penyakit dan pasien merasa tidak mampu menjaga anaknya lagi.  Pasien mengatakan, “Kepala saya sakit dok, sebelah kiri, terasa senut-senut sakit sekali, kadang-kadang seperti melayang rasanya. Kira-kira mengapa ya dok? Mungkinkah saraf-saraf di kepala saya terjepit kemudian menjadi tegang? Saya sudah berganti-ganti poliklinik saat saya berobat ke Rumah Sakit karena saya mengalami banyak keluhan, saya juga sudah periksa laboratorium, dan hasilnya normal. Kalau dibiarkan terus saya takut sakit kepala saya menjadi semakin parah, pasti ada sesuatu yang salah di kepala saya. Perlukah saya diroentgen kepala? Keadaan apa saja yang perlu diroentgen kepala dok? Apakah di kepala saya ada sesuatu, mungkin tumor sampai kepala saya sakit berdenyut-denyut begini. Menstruasi saya juga tidak teratur, apakah ini ada hubungannya dengan sakit kepala saya? Sepertinya ini terjadi memang sakit kepala saya.”
Keluhan lain yang dirasakan pasien, yaitu merasa mudah lelah dan tidak berenergi, konsentrasi menurun, nafsu makan berkurang, berdebar-debar, kadang-kadang gemetar dan berkeringat dingin. Keluhan muncul setelah pasien mengalami tekanan psikologis saat anak pertamanya mengalami sakit berat. Pasien tampak khawatir dan takut terhadap kemungkinan hal buruk yang dapat terjadi pada anak-anak dan dirinya.
Berdasarkan uraian di atas gangguan hipokondriasis adalah ganggguan yang di akibatkan oleh tekanan psikologis yang menyebabkan keluhan-keluhan fisik yang di sertai keinginan yang berulang-ulang untuk di periksa secara medis meskipun hasilnya terbukti negatif.

DAFTAR PUSTAKA
Ajiboye P.O. and Yusuf A.D. Monosymptomatic Hypochondriacal Psychosis (Somatic Delusional Disorder): A Report of Two Cases. Afr J Psychiatry. 2013; 16: 87-91.
Dikutip dari http://repository.ui.ac.id/dokumen/lihat/5851.pdf. Pada tanggal 09 April 2018
Fallon B.A., Harper K.M., Landa A., Pavlicova M., Schneier F.R. Carson A. Personality Disorders in Hypochondriasis: Prevalence and Comparison with Two Anxiety Disorders. Psychosomatics. 2012; 53(6): 566-74.
Maslim R. Panduan Praktis Penggunaan Klinis Obat Psikotropik Edisi Ke-3. 2007. Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unika Atma Jaya. Jakarta.
Sadock B.J and Sadock V.A. Kaplan and Sadock’s Synopsis of Psychiatry Behavioral Sciences / Clinical Psychiatry Tenth Edition. 2007. Lippincott Williams and Wilkins. New York
Xiong G.L., Bougeois J.A., Chang C.H., Liu D., Hilty D.M. Hypochondriasis: Common Presentations and Treatment Strategies in Primary care and Specialty Settings. Therapy. 2007; 4(3); 323-38.


0 comments:

Post a Comment