17.3.18

Ruang lingkup komunikasi



Nama                         : Nico hari al araafi
NIM                            : 17.310,410.1165
FAKULTAS                : PSIKOLOGI
MATA KULIAH         : PSIKOLOGI UMUM  2
Ruang lingkup komunikasi
                tidak semua orang tahu apa sebenarnya komunikasi itu ? disinilah saya memilih tema tersebut. Dalam kehidupan setiap hari orang selalu berbicara tentang komunikasi. Namun demikian tidak banyak yang benar-benar mengerti makna dari kata komunikasi yang selalu di bicarakan.
                Komunikasi secara etimologis. Kata komunikasi sendiri berasal dari perkataan latin communicare, yang berarti berpartisipasi, atau memberitahukan. Kata communis berarti milik bersama atau berlaku dimana-mana, sehingga communis opino mempunyai arti pendapat umum atau pendapat mayoritas. Komunikasi lebih menitik beratkan segi sosialnya, yaitu usaha menjadikan sesuatu menjadi milik bersama.
                Menurut Djajusman (1985) para pakar telah merumuskan kounikasi dengan cara sendiri. Seperti terlihat dalam Thayer (1963) misalnya telah menemukan 25 artian komunikasi yang berbeda satu sama yang lain. Bahkan Stappers (1966) menemukan 34 definisi, Battinghaus (1966) mengatakan bahwa definisi komunikasi jumlahnya lebih dari 50 rumsan, dan Dance (1970) berhasil mengumpulkan 98 buah. Dengan demikian nampak bahwa definisi komunikasi begitu banyaknya untuk itu hanya dibutuhkan suatu cara dalam memandangnya dari sudut tertentu.
                Pembicaraan tentang komunikasi akan sangat luas dan hampir tidak ada batasnya karena peristiwa komunikasi begitu unik dan hampir pasti dilaksanakan manusia dalam pergaulannya setiap hari. Meskipun demikian batas-batas yang di berikan sebagai rambu dapat membantu setiap orang untuk melihat kekhususan isi komunikasi sebagai suatu disiplin yang patut di pelajari. Maka rumusan komunikasi adalah siapa mengatakan apa melalui saluran apa kepada siapa dengan efek apa.
                Keseluruhan ini pada dasarnya memutuskan pembahasan terhadap salah satu bentuk komunikasi atau personal communication yaitu komunikasi antar persona ada pula yang menyebutnya komunikasi antar pribadi.
Sumber : LILIWERI, ALO (1991). Komunikasi antar pribadi. CITRA ADITYA BAKTI. BANDUNG

0 comments:

Post a Comment