16.1.18

Tren Pengangguran Terbuka



Tren Pengangguran Terbuka

Nama : Meissy Bella Sari
Nim : 163104101143
 



Data Badan Pusat Statistik menunjukkan menyusutnya angka pengangguran terbuka Indonesia pada kurun agustus 2015-Agustus 2016. BPS menyebut ini perbaikan sangat signifikan karena belum pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir angka pengangguran terbuka turun. Menurut BPS, jumlah penduduk bekerja meningkat dan hampir semua sektor mengalami kenaikan penyerapan tenaga kerja, kecuali kontruksi. Tingkat pengangguran terbuka perdesaab lebih tinggi dari perkotaan.
Secara umum, angka pengangguran terbuka menggambarkan laju penciptaan langan kerja dibandingkan pertumbuhan angka kerja. Kualitas pertumbuhan ekonomi juga diukur dari seberapa mampu ia menyerap tenaga kerja dan mengentaskan mereka dari jerat kemiskinan.
Hal lain, tedensi angka pengangguran terbuka yang didominasi lulusan SMK, ini tren yang selalu diwaspadai dan perlu direspon kebijakan segera karena tujuan awal sekolah kejuruan itu sendiri adalah untuk mencetak tenaga siap pakai sehingga bisa menekan angka pengangguran.
Kelebihan dari artikel ini yaitu memberikan informasi dengan data yang cukup mendukung sehingga tidak seperti hanya argument semata, dan juga mengingatkan bahwa harusnya lulusan SMK adalah lulusan yang siap pakai pada tenaga kerja, bukan malah menjadi lulusan terbanyak yang mengalami pengangguran.

Sumber, Kompas 18 November 2017

0 comments:

Post a Comment