16.1.18

Antara Timur dan Barat



Antara Timur dan Barat

Nama : Meissy Bella Sari
Nim : 163104101143




Turki selama ini, selalu disebut menduduki posisi unik di dunia, baik lokasi geografis maupun aspirasi politiknya. Dari  sisi lokasi,Turki dikatakan berada di perismpangan jalan antara Eropa dan Asia, bahkan wilayahnya pun ada di Benua Asia dan Eropa.
Revolusi Turki yang dikobarkan oleh Bapak Bangsa Turki Mustafa Kemal Ataturk dimaksud untuk menkonstruksi rezim kesultanan lama dan membangun sebuah nation-state (negara bangsa) baru. Nasionalisme dan modernisasi menjadi sasaran utama Kemalis yang berkeinginan menggantikan sasaran utama kemalis yang berkeinginan menggantikan struktur sosial lama dengan struktur sosial komtemporer yang sama dengan Negara-negara Eropa (Gulce Tarhan:2001).
Karena posisinya itulah, kini Turki merasakan akibat yang sangat nyata dari krisis di Suriah- Negara tetangganya yang pecah sejak tahun 2011. Beberapa akibatnya yang langsung Turki, karena terus memburuknya krisis suriah adalah pertama menyangkut keamanan, kedua krisis membanjirnya pengungsi, ketiga memburuknya masalah kurdi.
Pada artikel ini memuat soal permasalahan yang sedang dihadapi oleh Turki, berbagai macam permasalahan di jelaskan di artikel ini sehingga memudahkan bagi pembaca untuk memahaminya, selain itu memberikan informasi bagi pembaca mengenai hal-hal yang sedang di landa oleh Negara tetangga seperti hal nya krisis yang terjadi pada Turki.

Sumber, Kompas 11 November 2017



0 comments:

Post a Comment