15.1.18

SISI LAIN PEMBANGUNAN

SISI LAIN PEMBANGUNAN
ASEP SINGGIH WIJANARKO
16.310.410.1158
   Pebangunan infrastruktur selalu bertujuan beik, mengangkat daya saing negara, meningkatkan ekonoi masatyrakat sekitarnaun kadang pembangunan juga berdampak negatif terhadap masyarakat sekitar terutama masyarakat yang terdampak langsung pembangunan. Seperti yang terjadi di Desa ,Sambungsari Kecamatan Willeri, Kabupaten kendal, Jawa Tenggah.
  Para warrga memprotespebangunan jalan tol didesa mereka karena memeutus akses ke tiga desa yang bersebelahan pada hari Rabu (10/1). Masyarakat membakar ban bekas dan memblokir jaln tol tersebut dengan bambu sebagi aksi protes mereka terhadap pembangunan jalan tol karna memeutus akses jalan mereka ke masjid dan makam yang di desa seberang. Pembangunan mega tol Semarang-Batang tersebut tidak memperhatikan memperhatikan kepentingan warga setempat. Alksesjalan yang menghubungkan tiga dusun tersebut menjadi hilag setelah pembangunan jalan tol tersebut di lakukan.
  Akibat aksi warga tersebut aktifitas pembangunan proyek tolterhenti karna truk pengangkut keperluan pembangunan tol tidak bisa melintas. PT. Jasa Marga dan PT Waskita selaku pembuat kebijakan dan pengembang serta di dapingi camat Waleri serta kepala desa Sambangsari setempat melajkuakn mediasi untuk mencari jalan keluar. Menurut camat Waleri PT Jasa marga dan PT WaskitaCbersedia meberi akses jalan untuk warga agar dapat lebih mudah ke desa tetangga.
 Pembangunan memang membut daya saing dan ekonomi negara maupun masyarakat serta mempermudah dan mempercepat kemajuan namun hendaknya pebangunan juga memeperhatiakan kepentingan sosiaal dan kemanusian masyarakat setempat tdak hanya melulu soal keuntungan ekonomi semata agar pembangunan dapat bermanfaat bagi setiap orang.
Judul; Akses jalan desa tertutup tol
Kedaulatan rakyat 11/1/2018 hal: 8

Penulis: (ung)-m 

0 comments:

Post a Comment