15.1.18

SETIAP KEBIJAKAN WAJIB SEDIAKAN INFORMASI PUBLIK

SETIAP KEBIJAKAN WAJIB SEDIAKAN INFORMASI
ASEP SINGGIH WIJANARKO
16.310.410.1158
   Setiap kebijakan yang mengakibatkan penggusuran tak jarang mencedrai nilai-nilai kemmanusian meski kebijakan pengusuran tersebut telah memiliki dasar hukum. Kasus inilah yang saat ini terjadi di proyek pembangunan Bandara baru yogyakarta.New Ygyakarta Internasional Airport (NYIA) di Temoni Kulonprogo DIY.
   Kejadian yang melibatkan aparat dan masyarakat terdampak kebijakan pebangunan tidak jarang berakhir dengan konflik dan kerusuhan serta memakan korban. Menurut Wakil Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) DIY, Amanatun Suryadi, Rabu(10/1) bahwasanya kejadian – kejadian konflik tersebut dapat di cegah , jika sejk awal para pengabil kebijakan menyampaikan inforasi yang terbuka kepada masyarakat tentang pembangunan bandara NYIA terhadap masyarakat terdampak kususnya.
   Menurut Amanatun Suryadipada umumnya masuyarakat indonesia koperaatif terhadap pebangunan yang di jalankan pemerinntah. Karna itu badan publik wajib membuat badan pengelola informasi publik yang nantinya bertugas memberikan informasi – iformasi terkait pembangunan proyek – proyek peerintah yang di jalankan. Badan publik juga wajib menyediakan informasi tentang hak dan tata cara meperoleh informasi publik yan di dapat.
   Dari kseluruhan kasus yang masuk di KID DIY, sebagian besar masyarakat idak mendapatkan informasi dan penjelasan tentang hal- hal diatas, sehingga pemahaman informasi yang di terima masyarakat menjadi tidak terlalu jelas dan menimbulkan pemahaman- pemahaman lain yang akhirnya memicu timbulnya konflik lapangan. Jika badan informasi publik bersedia menjalankan dan memberikan informaasi secara jelas dan terbuk  kepada masyarakat , maka potensi konflik sengketa dapat di minimalisi dengan mediasi oleh badan publik informasi itu sendiri, sehingga tidak menimbulkan tindakan kekerasan yang mencedarai hak asasi publik untuk meng akses informasai.
Judul: Badan Publi Wajib Sediakan Informasi
Kompas 11/1/2018
 hal 9

Penulis (Feb)-c


0 comments:

Post a Comment