15.1.18

NANOTEKNOLOGI, HARAPAN BARU

NANOTEKNOLOGI, HARAPAN BARU

Nama: Nurul Widiastoni
 NIM: 163104101152
FAKULTAS PSIKOLOGI UP 45 YOGYAKARTA




            Nanoteknologi adalah teknologi manipulasi bahan dalam ukuran nano (berukuran 1/100000 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia) melalui sutau proses kimia atau fisika untuk menciptakan suatu material atau produk  baru dengan sifat tertentu  yang lebih baik, unik, dan bernilai guna tinggi.

            Nanoteknologi pertama kali di perkenalkan oleh seorang fisikawan  bernama Richard Feynman tahun 1959, yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan dilakukan sintesis melalui  manipulasi atom secara langsung. Temuanya ini di kaji lebih lanjut oleh peneliti lain yang pada akhirnya menghasilkan beragam penemuan  baru yang sarat manfaat.

            Nanoteknologi sudah banyak di kembangkan di berbagai bidang kehidupan , baik di sektor kesehatan, kosmetik, olahraga, tekstil, lingkungan, dsb. Contoh pengaplikasian nanoteknlogi yang sudah ada adalah nanoteknologi untuk filtrasi, drug delivery system, baterai, sel surya, katalis kimia, televisi, perangkat keras komputer, nanomaterial, dan masih banyak lagi contohnya.

 Untuk kedepanya nanoteknologi bisa membantu menyelesaikan berbagai masalah yang mana bisa mendapatkan bahan yang jauh lebih baik, memiliki umur panjang, dan bahkan memiliki harga yang lebih murah.


Sumber: Kedaulatan Rakyat 30 November 2017

0 comments:

Post a Comment