30.1.18

Kompetensi Guru Sebagai Penentu Kesuksesan Pendidikan Karakter

Sebagai tasyakuran turunnya nilai akreditas fakultas psikologi UP 45, maka pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 diadakan seminar gratis untuk guru, mahasiswa dan masyarakat umum di kampus Universitas 45. Seminar tersebut berjudul "Kompetensi Guru Sebagai Penentu Kesuksesan Pendidikan Karakter".
Menurut saya,pada awalnya judul ini agak rancu. Bagaimana tidak? Apakah tugas seorang guru seberat itu? Menjadi penentu pendidikan karakter pada setiap pribadi anak, sedangkan guru hanya bertemu berapa jam sehari dengan anak? Bukankah waktu anak lebih banyak bersama keluarganya semestinya? Bukankah pendidikan pertama berasal dari lingkungan keluarga. Dan mengikuti seminar ini adalah jawabannya. Bersama 3 narasumber,saya menemukan jawaban tersebut. Pendidikan karakter setiap anak tentu akan dipengaruhi oleh:
1. Lingkungan keluarga
Tentu saja yang berperan disini adalah orangtua dan kerabat yg berada di rumah.
2. Lingkungan di luar keluarga
Ini berarti ada lingkungan luar rumah dan sekolah. Dan ketika konteksnya adalah ketika di sekolah, maka yang menjadi teladan adalah Guru, staff sekolah dan teman- teman di sekolah. Guru sebagai teladan,agar pendidikan karakter anak mampu berkembang dengan optimal sehingga anak mampu menjadi anak yang berkarakter sesuai dengan umurnya.

0 comments:

Post a Comment