3.2.18

Djarum Road To Campus

PANCASILA DI ZAMANKU 

Ningnurani, Fak: Psikologi, UP 45 Yogyakarta


Pancasila adalah Ideologi dan Falsafah hidup bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak bisa di pungkiri jika para remaja, dan pemuda jaman sekarang kurang memahami dan mengerti akan nilai-nilai, isi dan filosofi yang terkandung  dari Pancasila. Atas dasar itulah Djarum Fondation bersama Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta menyelenggarakan acara " Djarum Road To Campus" dengan tema:" Pancasila Di Zamanku". Yang di Presenteri oleh: Rosianna Silalahi, dan Bayu Sutiono. Dan Narasumber: Bp. Mahfud MD, Inayah Wahid, Serta Tantri " Personil Grup Band Kotak". 

Acara yang berlangsung di Hall Grand Pasific, yang di mulai pada pukul 13.00, ini bertujuan sebagai implementasi dari Djarum Fondation untuk "Peduli Pendidikan", khusunya bagi kalangan mahasiswa. Peserta yang hadir datang dari berbagai elemen mahasiswa dari Universitas Proklamasi 45, Atma Jaya, ISI, UIN Sunan Kalijaga, Sanata Dharma, STIE YKPN, UGM, UKDW dan masih banyak lagi universitas yang ada di Yogyakarta. Yang berjumlah kurang lebih 500-an peserta yang hadir. 

Acara di buka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu di lanjutkan sesi dialog dengan Narasumber. "Nilai dasar Pancasila sebagai pedoman kebersatuan dalam berpolitik. Karena Indonesia merupakan "Laboratorium Pluralisme". Dan Pancasila sebagai landasan dasar bagi kehidupan bangsa Indonesia tidak bisa di gantikan dengan adanya Kekilafahan dari berbagai pihak untuk mengantikan Pancasila. Karena kita hidup bersama, maka segala keputusan harus di atur secara bersama pula. Dan walaupun Indonesia negara yang Pluralisme, akan tetapi Indonesia tetap bisa di persatukan oleh Pancasila." Itulah kutipan materi yang di sampaikan oleh Bp. Mahfud MD. 

Sedangkan menurut penuturan dari Inayah Wahid, bahwa: " Adanya bentuk Radikalisme yang mencemaskan seharusnya bisa di ubah menjadi Radikal yang Positif dan Jihad yang positif pula. Kebencian itu hendaknya bukan terhadap Negara, Penganut Kepercayaan tertentu ataupun kepada Kelompok. Akan tetapi hendaknya bukan Benci terhadap itu semua  tetapi Sistem nya yang boleh di Jihadi". 


Bangsa Indonesia itu adalah bangsa yang kaya dan beragam. Karena keberagaman itulah yang akan menjadikan suatu keindahan dan seharusnya bangsa Indonesia bisa hidup Rukun, tanpa perlu menganti Pancasila sebagai falsafah dan Ideologi. ( Tantri, Kotak) 

Dari diskusi yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini di ambil sebuah kesimpulan, seperti yang di sampaikan oleh Presenter Rosianna Silalahi sbb:

1. Pancasila adalah Ideologi terbuka, dan ti
     dak mengekang. 
2. Agama itu sumber kerukunan. 
3. Gerakan yang bersifat Radikalisme akan 
    mengakibatkan runtuhnya Pemerintahan dan juga akan dapat menimbulkan perpecahan. 
4. Pancasila bukan hanya untuk di bicarakan dan di diskusikan, akan tetapi untuk di lakukan. 
5. Dan mahasiswa yang mempunyai kekuatan untuk melakukannya. 


Ucapan Terimakasih: 
1. Bp. Bambang Irjanto ( Rektor UP 45) 
2. Ib. Dewi Handayani ( Warek 2 UP 45) 
3. Djarum Fondation
4. Bp. Mahfud MD
5. Inayah Wahid
6. Bayu Sutiono
7. Rosianna Silalahi
8. Semua Staff & Karyawan UP 45 YK

Diskusi oleh Para Narasumber

Penyerahan Kenang-Kenangan oleh Rektor UP 45

Peerformance dari Grup Band " Kotak" 



0 comments:

Post a Comment