11.1.18

KESEHATAN JIWA PENDUDUK AREA RAWAN BENCANA

TUGAS METOPEN
Fatkhul aziz
16.310.410.1141
Dosen
Dr. Arundati shinta. M.A
Fakultas psikologi
Universitas proklamasi 45 yogyakarta
KESEHATAN JIWA PENDUDUK AREA RAWAN BENCANA

             Tanggal 10 oktober di peringati sebagai hari kesehatan jiwa dunia. Yang di peringati sejak tahun 1992, sebagai gerakan persuasif agar masyarakat dunia lebih memperhatikan kesehatan jiwa dan pengaruh sehari – hari. Gangguan jiwa disebabkan oleh berbagai macam , salah satunya  bencana alam .
            Gangguan jiwa yang muncul pasca bencana mulai kecemasan (anxiety ) sampai gangguan jiwa berat ( psikosis ) . penduduk korban bencana banyak yang tidak siap secara akal dan jiwannya , ketika tiba – tiba bencana terjadi batinnya tertohok serta merasakan hentakan yang begitu berat.
             Bedasar data riset kesehatan dasar  2013, penderita ganguan jiwa di indonesia  terbanyak  terjadi di yogyakarta, aceh, sulawesi selatan, bali, dan jawa tengah . sedangkan gangguan mental emosional tertinggi  yaitu sulawesi tangah , sulawsi selatan , jawa barat, D.I.Y, dan NTT.
            SISI POSITIF
             Pemerintah telah merespon dengan mengeluarkan  UU RI No 18 Bab II pasal 4 ayat I tahun 2014 yaitu upaya kesehatan jiwa dilakukan melalui kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabiliatif
            SISI NEGATIF
             Meskipun upaya kesehtan jiwa  telah di atur pemerintah , tetapi tindakan untuk pasca bencana  belum jelas  penanggulangannya.
             KESIMPULAN

 Gangguan jiwa bisa menyerang siapa saja. Gangguan jiwa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya  bencana alam . yang menyebab kan gangguan kecemasan , apabila teratasi mengakibatkan perkembangan kondisi fisik , mental, sosial, dan sepritual sesorang individu tidak produktif. Maka marilah jaga alam ini sebaik baiknya dengan kearifan lokalnya dan perkuat mental kita dengan selalu mendekatkan diri pada yang maha kuasa.



SUMBER : syaifussalam, muhammad latif. OPINI KEDAULATAN RAKYAT , 10 oktober 2017,halaman 12 

0 comments:

Post a Comment