5.11.17

MEMBERANTAS KEMISKINAN

TUGAS METODELOGI PENELITIAN
FATKHUL AZIZ
16.310.410.1141
Fakultas psikologi
Universitas proklamasi 45 yogyakarta



MEMBERANTAS KEMISKINAN
   Tanggal 17 oktober  tanggal yang selalu di pringati sebagai hari anti kemiskinan. Mengapa  harus di peringati, karena kemiskinan masih menjadi masalah utama masyarakat internasional.banyak penduduk dunia , khususnya negara – negara berkembang dan tertinggal hidup di bawah garis kemiskinan. Tak terkecuali indonesia menurut  Badan  Pusat Statistik jumlah penduduk miskin pada maret  2017 sebesar 27,77 juta jiwa atau 10,64% total penduduk .kemiskinan memang menjadi masalah, karena  sering menimbulkan dampak negatif seperti kriminalitas, konflik sosial, terorisme, pemberontakan, dan gerakan radikalisme. Oleh karena itu harus ada solusi  untuk memberantas  kemiskinan, baik secara internasional maupun nasional.memerangi kemiskinan merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat , karena hal ini berkaitan  dengan hak asasi kemanusiaan.
            Sisi positif
   Dalam koran ini badan dunia sudah melakukan upaya  memberantas kemiskinan dengan cara memberikan bantuan  dan perlakuan khusus negara – negara berkembang dalam hubungan ekonomi  internasional.
            Sisi negatif
  Masih sulit mengimplementasikan hak – hak istimewa kepada negara berkembang karena engganya neara maju untuk memberi kesempatan. Begitu juga di indonesia pemerintah masih memberi kebijakan ekonomi yang lebih berpihak pada kaum kaya . akibatnya yang miskin dan lemah tidak mampu bersaing , seperti contoh  merebak nya toko  jejaring sampai kepelosok  yang akan mematikan perekonomian pasar tradisional.
            Kesimpulan
  Peringatan hari nati kemiskinan gunakanlah sebagai momentum untuk membangun  kesadaran untuk membantu yang miskin, serta memupukkan rasa nasionalisme dengan cara cintailah produk – produk dalam negri ,dan belilah di toko – toko milik warga NKRI .
            Sumber :

 Harian Kedaulatan Rakyat edisi selasa , 17 oktober 2017, halaman 12.

0 comments:

Post a Comment