28.11.17


                                       “MOTIVASI KU BELAJAR ILMU PSIKOLOGI”

   
                 Saya Rio Wahyu Nugroho dari semester 1(satu) di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Di sini saya akan memaparkan tentang alasan saya termotivasi tentang ilmu psikologi . Ilmu psikologi sendiri menurut kebanyakan orang di anggap tabu atau selalu di kait-kaitkan akan ramalan dan membaca pikiran seseorang , padahal hal itu tidak sama sekali di pelajari oleh ilmu psikologi. Jurusan psikologi itu sendiri juga memang tidak setenar atau sefamiliar misalnya jika di bandingkan jurusan kedokteran dan jurusan lainya. Tapi apakah jurusan Psikologi itu seburuk itu karena tidak sefamiliar dengan jurusan lainnya? Tentu tidak. Jurusan psikologi memang distinct (berbeda) jika di bandingkan dengan ilmu sosial lainya. Mungkin bermacam-macam Motivasi seseorang dalam belajar dan banyak faktor yang mempengaruhi motivasi tersebut . kali ini saya akan menjelaksan sedikit mengapa saya termotivasi untuk belajar ilmu psikologi.
Yang paling utama dari motivasi saya untuk belajar ilmu psikologi adalah karena ada dorongan dari kakak saya yang dulunya juga ambil jurusan psikologi ,yang sekarang telah menjadi pimpinan perusahaan di salah satu perusahaan di klaten. Dia juga dulunya alumni dari Universitas Proklamasi 45 di Yogyakarta. Dan dari sebab itu saya menjadi terpacu agar bisa seperti kakak saya yang bisa menjadi pimpinan perusahaan.
Menurut saya ilmu psikologi juga merupakan ilmu disiplin yang mempelajari manusia sebagai individu, oleh karena itu selain belajar ilmu pengetahuan,kita sendiri akan semakin mengenal diri kita sendiri. Mengenal diri sendiri itu dalam arti semisal ada orang marah-marah tanpa sebab d an jika siswa di sekolah tidak memiliki semangat untuk berprestasi. Kita akan di hadapkan tentang sebab akibat mereka menjadi seperti itu, dari situ perlahan-lahan akan mencari dan menemukan sebab dan akibatnya. Dari kejadian itulah perlahan-lahan kita bisa mengenal siapa diri kita sendiri.
Jika di hubungkan tentang pekerjaan , psikologi ini cukup memberikan angin segar ,sebagaimana yang sudah pernah di muat di artikel-artikel , yakni ada sekitar 20 Peluang Pekerjaan Jurusan Psikologi. Mungkin jurusan psikologi juga akan menjadi fakultas Unggulan. Dan ada saran dari  saya sebagai mahasiswa yang akan mengambil jurusan ini alangkah baiknya membaca peluang pekerjaannya, apabila tidak ada yang sesuai ada baiknya untuk mempertimbangkan kembali untuk memilih jurusan ini.
Menurut saya dan juga banyak orang , jurusan psikologi itu tidaklah mudah atau gampang namun ilmu tersebut menantang.

Kita tentunya sebagai mahasiswa yang mengambil jurusan psikologi tahu arti dari psikologi itu sendiri, bahwa ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia secara ilmiah. Dan meskipun kita belajar psikologi tidak berarti kita bisa  membaca pikiran seseorang.
Mungkin hanya itu alasan Motivasi Belajar Ilmu Psikologi , dari motivasi tersebutlah saya pribadi berminat atau tertarik untuk mengambil jurusan psikologi karena menurut saya ilmu psikologi itu menantang. Tapi itu kembali ke diri masing-masing bagaimana pengertian tentang ilmu psikologi tersebut. Itu hanya pacuan dan gambaran untuk saya pribadi. Yang selalu saya ingat dari bapak Raut Situmorang waktu seminar nasional yang kebetulan saya hadiri adalah “Ambil sesuatu yang menurut anda itu sebuah tantangan , dari tantangan tersebut anda bisa tahu dan mungkin bisa menjadi hal yang membuat sukses anda di masa depan” kata-kata itulah yang sekarang menjadikan saya lebih semangat.

Nama  : Rio Wahyu Nugroho
Prodi  : PSIKOLOGI



0 comments:

Post a Comment