28.11.17

MAHASISWA vs SAMPAH

KETIDAK PEDULIAN TERHADAP SAMPAH

 
Ningnurani,Fakultas : Psikologi'16

" Kebersihan sebagian dari Iman ". Ungkapan itu, tidaklah berlebihan. Karena hanya orang - orang yang mempunyai Iman dan sikap cinta kebersihanlah yang mampu menciptakan lingkungan dimanapun dia tinggal menjadi indah dan sedap dipandang. Ketika kita menemui sampah yang berserakan, apakah yang terbersit di pemikiran? Banyak orang yang acuh tahk acuh dengan yang dilihat dan dilaluinya. Tetapi ada  pula, yang peduli dan perhatian dengan "Sampah ". Ini seperti yang dilakukan oleh mahasiswa - mahasiswi  Fakultas Psikologi Kelas B' 16.

Ketika musim penghujan seperti ini, dan kami ingin mengikuti perkuliahan seperti biasanya, ternyata ekspetasi tidak sesuai dengan harapan. Kampus tercinta, banyak berserakan sampah. Bekas botol, dus- dus nasi, dan tali - tali. Sungguh tidak nyaman, melangkahkan kaki menuju kedalam kelas. Kursi - kursi berjajaran diluar gedung, kelas yang kotor, sungguh suatu pemandangan yang memperihatinkan. Entah siapa yang baru saja mengadakan acara, akan tetapi alangkah bijaksananya jika selesai semua sampah dan ruangan tidak dibiarkan begitu saja. Sangat miris, notabene kita semua mahasiswa yang kaum intelektual, hanya dengan sampah saja tidak mempunyai rasa peduli.

Peka terhadap hal - hal yang kecil seperti sampah, merupakan regulasi diri. Bagaimana kita akan menjadi pribadi yang elegan jika samapah yang sudah menjadi bagian dari hidup kita ini selalu kita abaikan. Baru terasa jika banjir datang, sungai yang meluap, berbondong - bondonglah kita untuk melirik dan mencintai sampah.

Mahasiswa tentu punya segudang alibi yang selalu membenarkan mereka, untuk jijik terhadap sampah. Tapi tidak bagi kami, mahasiswa Psikologi kelas B, sampah adalah berkah, dan cara kita untuk menunjukkan kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan. Banyak manfaat yang kita peroleh, diantaranya adalah segi ekonomi, membantu pemasukan dan memperoleh uang, membuat ligkungan menjadi bersih, mencegah kebanjiran, polusi serta bisa menyelamatkan bumi." Lakukanlah hal - hal kecil yang lebih bermanfaat dari pada melakukan hal - hal besar yang banyak mengandung ketidak bermanfaatan".

                                                            DOKUMENTASI

Memilah Sampah di Kampus

Membawa sampah ketempat yang lebih punya nilai




0 comments:

Post a Comment