5.11.17

KLIPING METOPEN KATARAK PENYEBAB TERBANYAK KEBUTAAN DI INDONESIA

KATARAK PENYEBAB TERBANYAK KEBUTAAN DI INDONESIA


Nama                           : Chatu Septiana
NIM                            : 16.310.410.1155
Judul                           :Katarak Penyebab Terbanyak Kebutaan Di Indonesia
Penulis                         : DEV (Inisial)
Penerbit                       :Kedaulatan Rakyat
Tanggal Terbit             : Minggu 15 Oktober 2017

Jumlah kasus kebutaan atau gangguan pengelihatab di Indonesia, cukup tinggi. Hasil survey Rapid Assement of Avoidable Blindness (RAAB) di 15 provinsi diketahui penyebab kebutaan paling besar karena katarak, di ikiuti glaucoma,kelainan refraksi dan degenerasi macula terkait usia. Katarak memang menjadi suatu masalah kebutaan terbesar di Indonesia.Hasil suvei tersebut di lakukan terhadap warga yang berusia 50 tahun ke atas. Untuk mengatasi permasalahaan kebutaan ini beberapa dokter spesialis mata di salah satu Rumah Sakit terbesar di Yogyakarta mengadakan seminar tentang menjaga pola hidup sehat untuk menghindari katarak
                Untuk menurunkan angka kebutaan, saalah satu dokter dari Rumah Sakit di Yogyakarta mengimbau masyarakat untuk berperan serta dalam deteksi dini kebutaan dan gangguan pengelihatan.Untuk menurunkan angka kebutaan akibat katarak, intervensi yang paling tepat, dengan penungkatan operasi katark.Terutama di kalangan masyarakat tidak mampu. Serta di imbangi dengan sosialisasi serta edukasi bahwa gangguan pengelihatan karena katarak bisa di hilangkan dengan cara operasi. Peran mata sangat penting menunjang produktivitas. Jadi bagi yang menderita katarak,itu bisa di hilangkan denga cara operasi. Mengingat beratnya pengaruh gangguan pengelihatan pada kualitas hidup pasien, maka pemeriksaan mata secara rutin adalah kunci dari menghindari kebutaan akibat katarak.

Hal positif : Kebutaan akibat katarak masih menjadi suatu momok permasalahan kesehatan di Indo nesia dengan adanya program penyuluhan dari dokter di suatu daerah dapat membantu masyarakat memahami betapa pentingnya menjaga keshatan mata.
Hal negative : Di Indonesia angka kebutaan akibat katark masih sangat besar, namun pemerintah masih kurang perhatian dengan permasalahan ini dimana seharus nya pemerintah menggalang operasi katark bagi masyarakat secara rutin .

Sumber : Kedaulatan Rakyat, Minggu 15 Oktober 2017

0 comments:

Post a Comment