5.11.17

KLIPING METOPEN KESEHATAN JIWA PENDUDUK AREA RAWAN BENCANA

KESEHATAN JIWA PENDUDUK AREA RAWAN BENCANA


Nama                           : Chatu Septiana
NIM                            : 16.310.410.1155
Judul                           :Katarak Penyebab Terbanyak Kebutaan Di Indonesia
Penulis                         : MLS (Inisial)
Penerbit                       :Kedaulatan Rakyat
Tanggal Terbit             : Selasa 10 Oktober 2017
               
                Tanggal 10 Oktober 2017 adalah hari kesehatan jiwa dunia,sebagai gerakan persuasive agar masyarakat dunia lebih memperhatikan kesehatan jiwa dan pengaruhnya sehari-hari. Berdasarkan laporan WFMH pada tahun 2016 setiap 40 detik di seluruh dunia ada satu orang melakukan bunuh diri karena gangguan kejiwaan. Kesehatan jiwa untuk masyarakat yang di daerah rawan bencana memang perlu menjadi perhatian pemerintah setempat . Karena Indonesia adalah Negara yang paling sering terjadi bencana alam, contohnya Tsunami Aceh tahun 2004, Gempa Yogya 2006, gempa di Padang 2009, dan erupsi merapi pada tahun 2010. Oleh karena itu masyarakat Indonesia perlu untuk diberikan motivasi untuk menjaga kesehatan baik psikis maupun mentalnya. Karena di daerah rawan bencana kesehatan jiwa sesorang memang banyak terjadi gangguan dari mulai yang shock dengan bencana,kerugian nya pun tidak hanya financial saja namun juga kehilangan sanak saudara,ini menjadi penyebab kesehatn jiwa mereka yang tinggal di daerah rawan bencana sering mengalami gangguan.
               
                Gangguan jiwa yang muncul pasca bencana sampai gangguan jiwa berat adalah hal yang perlu diperhatikan semua masyarakat di daerah rawan bencana.Bencana yang silih berganti berdampak pada kesehatan psikis seseorang.Penduduk korban bencana banyak yang tidak siap secara akal dan jiwanya, ketika tiba-tiba bencana terjadi batinnya tertohok serta meraskan hentakan yang begitu berat.
Hal positif : Gangguan jiwa di daerah rawan bencana yang sudah di sosialisasikan pemerintah akan lebih baik lagi jika ada penyuluhan-penyuluhan tentang kesehatan jiwa.
Hal negative : Pemerintah lebih baik memberikan penyuluhan yang baik

Sumber : Kedaulatan Rakyat, Selasa 10 Oktober 2017

0 comments:

Post a Comment