21.10.17

RESESI ARTIKEL: LEBIH PEKA LINGKUNGAN SEKITAR

LEBIH PEKA LINGKUNGAN SEKITAR

WAHYU RELISA NINGRUM
15.310.410.1087
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
            Prestasi tidak harus berasal dari bidang akademik, tetapi juga bisa non akademik. Misalnya menyalurkan hobi yang digeluti. Lutfiana, mempunyai hobi menulis dan menyalurkan hobi tersebut dengan mengikuti kompetisi jurnalistik ajang DBL. Ia selalu menulis dengan sudut pandang yang lain, misal membuat tulisan tentang profile pelatih dance hingga menghasilkan gerakan yang cantik dan dinamis. Ia juga membuat tulisan tentang sisi lain pertandingan karena dua sahabat harus bertanding di arena basket.
            Lain halnya dengan Archam, ia mempunyai hobi fotografi. Dalam kompetisi tersebut, ia bertugas mengabadikan gambar yang mendukung tulisan rekannya. Selama peliputan yang dilakukan bersama rekannya, ia bisa memperdalam kemampuannya menggunakan kamera. Bahkan untuk mengikuti kompetisi ini, ia rela menyewa kamera dan seabrek perlengkapannya. Fifi dan Archam mengaku lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan rasa ingin tahu menjadi lebih besar setelah terjun langsung di dunia jurnalis.  
            Mengikuti kegiata lomba non akademik juga bisa membanggakan dan sekaligus bersenang-senang karena hal itu adalah hobi kita. Pengalaman, bertemu teman baru, menambah relasi, dan mendengarkan apa yang dipikirkan orang lain adalah point plusnya sehingga kesemuanya dapat dituangkan dalam bentuk tulisan.

            Sisi positif, memberikan motivasi kepada generasi muda untuk selalu berkarya di segala bidang tanpa adanya rasa minder atau takut akan kekalahan. Menang adalah bonus, dan berkarya itu harus.
            Sisi negatifnya, PR bagi orangtua yang harus lebih meningkatkan pendampingan dan mengarahkan anak-anaknya, khususnya remaja untuk selalu mengisi waktu dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.
Sumber:

Kedaulatan Rakyat, 12 September 2017. Hal. 10.

0 comments:

Post a Comment