14.10.17

KEKERASAN DALAM KELUARGA TERUTAMA PADA ANAK

Nama : M. Riand Purwadinata
Nim    : 153104201118

KEKERASAN DALAM KELUARGA TERUTAMA PADA ANAK


  Kekerasan dalam keluarga selama ini dianggap sebagai masalah yang kurang perlu diketahui oleh publik.  Namun pemberitaan  kasus kekerasan yang akhir-akhir ini semakin ramai dibicarakan menunjukkan bahwa kasus kekerasan mulai dibuka dan disorot oleh berbagai media masa bahkan dianggap perlu diketahui oleh khalayak umum.
  Suharto (dalam Huraerah, 1998), mengelompokkan kekerasan terhadap anak yaitu kekerasan secara fisik (physical abuse) ,kekerasan secara psikologis (psychological abuse) ,kekerasan secara seksual (sexual abuse)  dan kekerasan secara sosial (social abuse).
  Kekerasan terhadap anak merupakan suatu perlakuan yang salah terhadap anak dimana perlakuan tersebut tidak hanya menimbulkan luka secara fisik namun juga dapat menyebabkan luka secara psikologis . Kekerasan dalam bentuk apapun akan menimbulkan dampak bagi korbannya, demikian pula dalam kasus kekerasan fisik terhadap anak. Pada beberapa kasus, kekerasan juga menimbulkan gangguan jiwa seperti depresi, kecemasan berlebihan, atau gangguan disosiatif ,dan juga bertambahnya resiko bunuh diri (Gelles dalam Huraerah, 2006).
DAFTAT PUSTAKA
Anggadewi, B. E. T (2007). Studi kasus tentang dampak psikologis anak korban kekerasan dalam keluarga. Program studi psikologi jurusan psikologi. Yogyakarta.

0 comments:

Post a Comment