13.10.17

REVIEW TEORI KEPRIBADIAN KURT LEWIN

TUGAS REVIEW
PSIKOLOGI KEPRIBADIAN

TEORI KEPRIBADIAN MENURUT KURT LEWIN


FATKHUL AZIZ
NIM . 163104101141
                                                                                                          Teori kepribadian yang di kemukakan oleh kurt lewin  mudah di pahami dengan membekali diri dengan pengetahuan  tentang struktur, dinamika, dan perkembangan  kepribadian seseorang.
1.      STRUKTUR KEPRIBADIAN INDIVIDU
Pribadi digambarkan dalam ilmu jiwa gestalt secara struktural dengan melukiskan sebagai satu kesatuan tidak terpisahkan dari hal -  hal lain di dunia ini.  Lewin lebih suka menggunakan ruang di bandingkan dengan menggunakan kata – kata untuk menggambarkan struktur kepribadian individu.
Alasan menggunakan ruang tersebut di dasari oleh dua macam sangat mendasar ,pertama penggambaran struktur kepribadian dengan ruangd dimungkinkan dilakukan pendekatan secara eksak sehingga dari rasa keragu – raguan .sementara penggambaran menggunakan cara lain seperti menggunakan kata – kata dirasa tidak bisa mengakomodasi keadaan yang di maksudkan dengan yang sebenar – benarnya.
Menurut lewin pribadi  kedudukannya  terpisah dari hal – hal lain pada diri manusia.yatu dengan menggambarkan dalam bentuk ruang tertutup.
2.      DINAMIKA KEPRIBADIAN INDIVIDU
Kurt lewin menjelaskan kepribadian dengan menggunakan konsep yang digunakan dalam ilmu pengetahuan alam yaitu:
A.      Energi ( tenaga )
Dalam ilmu pengetahuan alam ,energi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan gerak,lewin mengemukan bahwa energi dalam psikologi dinakam energi psikis.
B.      Tension ( tegangan )
Dalam ilmu pengetahuan alam digunakan untuk mengistilahkan suatu tegangan yang bekerja . lewin mwnggunakan istilah iniuntuk menjelaskan keadaan  pribadi tertentu..
Menurut lewin proses meratanya tenssion ke daearah sistim dalam pribadi tergantung kepada keadaan sistem yang ada. Proses  meratannya energi psikis dalam pribadi seseorang tergantung kepada kuat atau lemahnya batas antara sistem yang ada pada pribadi masing – masing.
C.      Need( kebutuhan )
Keadaan kebutuhan yang dapat meningkatkan tension dikelompokkan sebagai berikut :
·         Keadaan fisiologis
Ketika seseorang membutuhkan sesuatu misal , air minum ketika merasa haus , makan ketika lapar . keadaan seperti ini merupakan keadaan psikologis orang yang bersangkutan .
·         Keinginan akan sesuatu
Orang hidup tidak hannya  butuh malan dan minum tapi juga membutuhkan keinginan  memilikibaju , kendaraan  sehingga  orang yang bersangkutan mengalami peningkatan tension.
·         Keinginan mengerjakan sesuatu
Keinginan mengerjakan sesuatu  seperti menulis , membaca juga meningkatkan tension.
D.     Valence
Bahwa lingkungan hanya sebatas memberikan arah gerakan  dalam lingkungan psikologis, yang berupa penilaian positif dan penilian neatif.
Lingkingan psikologis punya nilai positif mana kala  dapat meningkatkan tegangan ketika pribadi terhalang mendapatkan sesuatu yang di kehendaki. Sebaliknya  memiliki negatif manakala lingkungan tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan tegangangan mana kala mendekati.begitu menjauh tegangangan menurut.
E.      Force(vektor)
Gerakan pada pribadi terjadi jika terdapat kekuatan yang cukup besar yang mendorong pribadi untuk melakukan gerakan.
F.       Locomotion( gerakan )
Lewin menggambarkan sebuah gerakan yang dilakukan di tijau dari contoh nyata . misal, orang berjalan di mall melihat sebuah kemeja  di pajang , orang tersebut ber keinginan untuk memilikinya.
G.     Perubahan struktur
Perubahan struktur  lingkungan psikologis terjadi dengan berbagai macam cara seperti perubahan  pada niliai – nilai daerah misal secara kuan titatif yaitu dari positif  sedikit  berubah menjadi positif banyak dan sebaliknya. Secara kaulitatif yaitu perubahan dari negatif ke positif ..dan sebaliknya.
H.     Tujuan proses psikologi
Untuk kembali kepada keseimbangan jiwa  yang merupakan keadaan pribadi tanpa ada tegangangan.

3, PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN INDIVIDU
                                                                    Perkembangan merupakan perubahan didalam variasi tingkah laku .semakin bertambah usia seseorang ,variasi  kegiatan semakin bertambah pula. Jika di amati secara libih mendetail dari waktu ke waktu , individu yang mengalami perkembangan yang normal menunjkan perubahan – perubahan  struktur relasi , struktur tingkah laku , penambahan aktifitas , taraf realitas, terdeferensi asinya tingkah laku, terjadinya stratifikasi dan perubahan hirarki pada anak yang bersangkutan.

KESIMPULAN
Teori  kepribadian kurt lewn , mengatakan bahwa perubahan  pribadi sesorang  tergantung dari struktur kepribadian, dinamika kepribadian dan perkembangan kepribadian.
Bahwa struktur kepribadian  dan dinamika kepribadian berpengaruh  pada perkembangan kepribadian. Individu yang mengalami perkembangan  secara normal tampak adanya perubahan struktur relasi, misal seorang anak ketika masih bayi  mula – mula baru dapat  mengadakan relasi dengan ibunya. Dari waktu ke waktu  seiring bertambahnya usia anak maka relasi anak tersebut dengan orang lain semakin bertambah.
Sehingga dengan bertambahnya relasi akan menambah wawasan dan kreatifitas di kemudian hari.
Teori kurt lewin ini bisa sebagai acuan untuk mengembangkan pribadi individu ke yang lebih baik , karena dalam teori nya mengandung unsur unsur motivasi perubahan individu yang lebih normal.

SUMBER
Prawira, purwa atmaja .2013.psikologi kepribadian dengan perspektif baru. Yogyakarta. AR-RUZZ MEDIA


                                                                    

0 comments:

Post a Comment