28.7.17

Tahu Liliput



Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


foto: ikromil
Yogyakarta selain sebagai kota pelajar kini telah menjadi kota metropolitan yang semuanya telah mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari mode busana hingga gaya hidup. Makanan menjadi salah satu sektor yang ikut bertransformasi akibat perkembangan zaman. Adapun dampaknya yaitu mulai maraknya fastfood (makanan cepat saji) dan makanan modern lainnya di Kota Yogyakarta seperti pizza, burger, spagheti, dan lain sebagainya. Imbasnya sulit ditemukan makanan masa kecil tahun 90an seperti baksojek ataupun ojek, yang biasanya bisa ditemukan didaerah pedesaan. 


Ditengah kerinduan akan makanan masa kecil tersebut, terlebih lagi sangat sulit ditemukan dikota besar sekelas Yogyakarta khususnya didaerah Babarsari hadirlah tahu liliput. Kehadiran tahu liliput ini bisa dijadikan obat penawar rindu tentang keceriaan masa kecil tahun 90an ketas, yang mana pada masa ini anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu sepulangnya sekolah untuk bermain bersama teman sebaya. Masa kecil yang penuh kecerian dan setelah lelah bermain, ada penjual baksojek yang keliling kampung menjajakan jualannya. Layaknya minuman yang menghilangkan dahaga, baksojek menjadi penawar lapar setelah seharian bermain.


foto: ikromil
Tahu liliput sendiri merupakan usaha yang dijalankan oleh Ikromil dan Sulfi sejak bulan November 2016. Sejak pertama kali diperkenalkan kepada publik, makanan ini langsung booming di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Pasalnya selain rasanya yang lezat, tahu liliput merupakan usaha karya mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sendiri. Harga tahu liliput juga terbilang cukup murah yaitu Rp 200,00 per biji dan pembeli bebas memesan berapapun nominal yang mereka inginkan. Tentu saja harga yang pas di kantong mahasiswa  membuat tahu liliput selalu ludes terjual dalam sekejap. Stand tahu liliput sendiri berada di Kopma Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta atau di Jalan Proklamasi no. 1 Babarsari, Sleman, Yogyakarta. Stand buka sejak pukul 08.00 WIB akan tetapi bila tidak ingin kehabisan sebaiknya datang ke standnya jangan terlalu siang. Hal ini dikarenakan biasanya tahu liliput sudah habis saat pukul 10.00 WIB, jadi siapa yang cepat tidak akan kehabisan tahu liliput. 

foto: ikromil
Terkenalnya tahu liliput tidak lepas dari usaha Sulfi dan Ikromil dalam mempromosikan usaha mereka tersebut. Dimana dua sejoli ini gencar menggunakan media sosial sebagai wahana promosi selain promosi dari mulut ke mulut. Lihat saja di akun instagram @Sulfi94 dan @ikromilf disana terdapat berbagai testimoni pencinta tahu liliput yang rasanya sulit di lupakan. Penulis sendiripun juga merupakan pecinta tahu liliput dan selalu ketagihan tatkala tahu liliput hadir lagi ditengah-tengah kampus Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Selain menggunakan instagram, Sulfi dan Ikromil juga aktif mempromosikan tahu liliput di Whatsapp dan BBM. Tahu liliput juga menyediakan delivery order lho untuk area Kampus Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang bisa dipesan melalui nomor 087850034964. Sementara bagi yang berada di luaran kampus Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, khususnya Babarsari, bisa mendatangi stand tahu liliput di Kompa UP 45, Jalan Proklamasi no. 1 Babarsari, Sleman, Yogyakarta. Jadi buruan datangi stand tahu liliput sebelum kehabisan.

0 comments:

Post a Comment