3.6.17

PENGARUH STRES PADA KESEHATAN TUBUH



PENGARUH STRES PADA KESEHATAN



NAMA  : GACITA PURYO SAFITRI
NIM     : 16.310.410.1144
PSIKOLOGI  UMUM II
            Tak seorangpun terbebas dari stres. Stres adalah suatu keadaan tekanan mental atau kecemasan yang disebabkan oleh masalah hidup, pekerjaan dan lain sebagainya. Stres adalah reaksi psiko-fisiologis tubuh terhadap berbagai rangsangan emosional atau fisik yang mengganggu homeostasis, dan dapat mengeksaserbasi penyakit hasil dari infeksi bakteri dan virus pada hewan dan manusia.
            Menurut Everly dan Girdano (1980), stres akan mempunyai dampak pada suasana hati (mood), otot kerangka (muscola skeletal), dan organ dalam tubuh (visceral). Tanda-tanda suasana hati (mood) adalah cemas, merasa tidak pasti, sulit tidur pada malam hari, suka lupa dan gugup.
            Stres didefinisikan sebagai stimulus eksternal yang kuat baik fisiologis dan psikologis yang menyebabkan respon fisiologis dalam tubuh seseorang. Oleh karena itu, stres dapat digambarkan sebagai proses dengan komponen fisiologis dan psikologis. Definisi psikologis dari stres dilihat dari cara seseorang merespon stres pada sejumlah faktor, termasuk kemampuan untuk menghadapi stres (coping), stresor, tingkat dukungan sosial, dan faktor gaya hidup lainnya. Stresor adalah stimulus,sistuasi atau keadaan dengan potensi menyebabkan reaksi stres.
            Saat stres muncul, kadar hormon kortisol akan meningkat, dan sistem kekebalan terganggu sehingga bakteri atau virus leluasa menyerang gingiva (gusi) atau mulut penderita. Stres bisa memicu seseorang untuk lebih banyak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang merugikan rongga mulut, bahkan mungkin mengabaikan kesehatan mulutnya. Tingginya level stres disertai dengan kurangnya kesehatan rongga mulut dapat menimbulkan kondisi periodontal yang lebih parah. Hal ini ditandai dengan peningkatan kehilangan perlekatan , kehilangan tulang alveolar yang parah dan pendarahan pada gingiva yang meningkat. Stres psikologis juga dapat mempengaruhi keberhasilan dan jalannya perawatan penyakit periodontal. (Ratih, 2017)

DAFTAR PUSTAKA
Larasari,R (2017). Pengaruh stres pada kesehatan jaringan periodontal. Jurnal Skala Husada, vol.13(1.

0 comments:

Post a Comment