11.6.17

Resensi Artikel : Pasokan Minyak Harus Diperhatikan





Nama               : Meissy Bella Sari
NIM                : 16.310.410.1143
Mata Kuliah     : Psikologi Industri dan Organisasi 
Judul artikel    : Pasokan Minyak Harus Diperhatikan
Nama penulis   : APO
Nama penerbit : Kompas
                                                           Tanggal terbit : 22 April 2017


Indonesia Contry Manager pada Natural Resource Governance Institute Emanuel Bria mengatakan, sebagai Negara pengimpor minyak, Indonesia perlu memperhatikan keamanan pasokan . Indonesia harus menjadikan ketahanan energy sebagai bagian dari ketahanan nasional. Ketahanan energy di Indonesia berupa cadangan operasional bahan bakar minyak (BBM) selama 18-22 hari, keamanan nasional sulit dipertahankan apabila terjadi situasi krisis, seperti perang. Umumnya, ketahanan energy sebuah Negara sedikitnya 90 hari. Indonesia harus berdiplomasi ke berbagai Negara untuk memperbanyak sumber paokan minyak di luar negeri.
Kelebihan pada artikel ini memberikan penjelasan mengenai dampak dari apabila Indonesia tidak memperhatikan keamanan pasokan minyak, sehingga para pembaca dan masyarakat tau akan permasalahan ini, namun kekurangan dalam artikel ini data yang ada tidak terlalu dijelaskan dengan terperinci.
Kesimpulannya adalah Indonesia harus berdiplomasi ke berbagai Negara untuk memperbanyak sumber paokan minyak di luar negeri serta Indonesia harus menjadikan ketahanan energy sebagai bagian dari ketahanan nasional.

0 comments:

Post a Comment