10.6.17

KEJAHATAN SIBER OBAT IDAN MAKANAN ILEGAL


PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGNISASI
ASEP SINGGIH WIJANARKO
16.310.410.1158
KEJAHATAN SIBER
Antisipasi obat dan makanaan ilegal
  Pada zaman yang  terus berkembang dan maju seperti saat ini banyak hal yang di mudahkan akan adanya teknologi,seperti hanya ojek online,pesan antar makanan,melakukan taransaksi pembayaran hingga belanja tanpaharus keluar rumah.
  Namun kemudahan  yang di berikan oleh teknologi tersebut bukan tanp ada efek buruk yang di timbuilkan seperti kejahatan sib atau kejahatan dunia maya. Untuk meng antisipasi hal terssebut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Memnentuk satuan tugas pencegajan kejahatan siber.  Satuan tugas ini terbentuk dari beberapa lembaga penegak hukum itu sambil menanti kedeputian baru di BPOM,yakni Deputi IV bidang penindakan terbentuk.
  Kepala pusat penyidikan obat dan makanan BPOM Hendri siswandi mengatakan lembaga yang di libatkan dalam satgas siber BPOM ialah bea dan cukai, polri, kejaksaan, kementrian komunikasi dan informatika serta kementrian perdagangan. “masyarakat tidak bisa menati kediputuian terbentuk sehingga untuk merespon kejahatansiber bidang obat dan makanan,satgas perlu dibentuk agar penanganan kejahatan siber bisa lebih trerkoordidnir.
  Berdasarkan oprasi pangea, oprasi penindakan perdagangan obat dan kosmetik globakl ilegal yang terkordinasi interpol, ada lebih dari 200 laman teridentifikasi memperdagangkan obat dan makanan ilegal di indonesia, sementararegulasi perdagangan  obat dan makanan secara daring belum ada.
  Tindak pidana lain, dengan adanya satagas siber ini penangan kejahatan obat dan makanan ilegal diharapkan bisa lebih terkoordinasi. Kepala saksi penindakan direktioorat ke amannan informatika kementrian komunikasi ndan informatika Albert aruan mengatakan, kementruian kominfo baru bisa menutup laman penjuaklan obat dan makan an setelah mendapat rekomendasi dari BPOM. Laman dapat dipulihkan kembali juga kalu ada rekomendaei dari BPOM juga.
 Pada prwode 24 juni 2015-28 april 2017,keminfo memblokir 363 laman ter5kait obat dan makanaan ilegal. Munculnya kejahatansiber mengubah pola pengawasankarena tempat kejadian perkara ada di internet.karna itu bukti digital forensik sangat penting.
 Semua usaha perlindungan masyarakat dari perdagangan obat dan makan an ilegal patut kita apresiasi dan berharap kordinasi satgas kejahatan siber bpom yang terbentuk mmpu mnelakukan tugasnya dengan maksimal sehingga masyarakat tidak saat membeli obat dan makanan di pasaran.

Kekurangan artikel.
Penulis kurang menceritakan bahaya darui obat dan makanan ilegakl yang di jual dan tidak disertai contoh laman yang trerlah di blokir sehingga pembaca y\ng mungkin telah membeli produk di laman ilegal tersebut tidak tau kalau obat dan makanan yang mereka beli adalhah ilegal dan menjadi koprban klejahatan siber.
Kelebihan artikel
Penulis menceritakan dengan baiak lewat tulisannya dapat di merngerti pembaca dabn penulis juga memberikan rincian laman yang trelah di blokir oleh bpom dan keminfo yang membuat masyarakat ataiu pembaca lebih wasada.
Judul artikel ; Kejahatan siber,antisipasi makanan dan obat ilegal.
Sember ; kompas hal;14 kamis 8 juni 21017
Penulis ; (ADH)
Diresensi oleh ; asep singgih wijanarko.
Waktu resensi; jumat 9 juni 2017

0 comments:

Post a Comment