10.6.17

PEMANFAATAN brisat OLEH LEMBAGA NEGARA




PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
ASEP SINGGIH WIJANARKO
16.310.410.1158

LEMBAGA NEGARA PAKAI SATELIT BRI
     Dibawh koordinasi Kemeentrian Kominfo lembaga dan institusi pemerintah di harapkan dapat memanfaatkan Transponder Satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persesro) Tbk atau BRIsat untuk kebutuhan negara. Saat ini kebutuhan di indonesia mencapai 500 Transponder. Sebsgian transponder tersbut masih menggunakan satelit asing.
    Mentri Komunikasi dan Informatiaka Rudiantara menyampaikan “mudah-mudahan transponder dapat di manfaatkan semaksimal mungkin katanya saat di temui dalam penandatangannan perjanjian kerja pemanfaatan transponder Brisat oleh pemerintah (7/6) .
  Dalam acara tersebut juga dihadiri direktur utama BRI Suprajarto; deputi bidang jasa keuangan, jasa survei, dan konsultan kementrian BUMN Gatot trihargo; Kepala Staf TNI AD Jendaral Mulyono; kasum TNI Laksamana Madya didit hendri awan; serta inspektur Jendral Pengawasan Umum polri Komisaris Jendral Dwi priyanto.
  Menurut Rudiantara, sebenarnya cukup banyak lembaga dan isnstitusi yang ingn memanfaatkan BRIsat. Namun Kementrian kominfo memproritasakan pemanfaatan transponder BRIsat kepada TNI,Polri, Badan intelejen Negara,  Badan keamanan Laut dan kementrian keuangaan. Teknologi snggat penting dan terus-menerus di diantisipasi perbangkan nasional.
   Suprajarto mengatakan, BRIsat dimanfaatkan di banyak jaringan unit kerja BRI. BRIsat tidak hanya di gunakan di unit konvensional,tetapi unit kerja nonkonvesional atau digital, seperti unit cabang digital bandara Soekarno-Hata, cengkareng banen.
    Suprajarto melanjutkan,BRI berencana mengalokasaikan BRIsat dapat di manfaatkan untuk kepentingan negara di bawah koordinasi Keminfo, BRI bekerjasama dengan lembaga negara untuk memanfaatkan BRIsat.
  Melalui kerjasam tersebut , BRI menyerahkan pemanfaatan 4 slot transponder BRIsat kepada Kementrian Keuangan, TNI,Polri, BIN dan Bakamal. Empat transponder terdiri dari 2 transponder C-band dan dua transponder Ku-band yang masaing –masaing setara dengan 36 MHz.
   Dengan pemanfaatan 4 unit transponder oleh negara maka 45 tansponder telah di manfaatkan kseseluruhannya. Untuk pengendalian sistem di bumi,BRI telah mendirikan kendali darat di ruangan, jakarta selatanyang di fungsikan juga sebagai fasailaitas kontrol utamasatelit di tabanan, Bali. Sebgai fasilitas pendukung satelit.
    Dengan dioprasaikanya brisat dan kerjasama antar lembaga negara menjadaikan keamanan keuangan nasabah perbangkan dan negara menjadai lebih baik, bukan hanya soal keamannan transaksi namun juga kemudahan dalam akses perbangkan dan keamannan negara dari ancaman luar maupun dalam.
Kelebihan artikel;
Penulisan ckub baik dan mudah di mengerti serta penjelasan saipa saja yang ikut memanfaatkan brisat juga disebutkan sehngga pembaca menjadi tau bahwa bri sat bukan hanya untuk emudahkan perbangkan namun juga dapat di gunakan sebagai alat keamanan negar melaui lembaga yang membawahi keamanan.
Kekurangan;
Penulis tiak menjelasakan sejarah brisat dan bagaimana sistem kerja lembaga-lembaga tersebut dan cara kerja BRIsat    sehingga pembaca tidak mengetahi kalau bri telah memiliki satelit yang digunakan untuk keamanna perbangkan dan negar. Yahh mungkin itu termasauk dari rahasia negara munkin jadi tidak bisa di publikasikan.

Judul artikel; lembaga negara paki satelit BRI
Sumber ; kompas; hal 20; kamis 8 juni 2017
Penulis ;(FER)
Diresensi oleh ; asep singgih wijanarko
Waktu resensi; 10 juni 2017


0 comments:

Post a Comment