20.4.17

WAWANCARA PENGUSAHA SUKSES : MOTIVASI MENJADI PENGUSAHA



WAWANCARA PENGUSAHA SUKSES PEMILIK SEBUAH RUMAH MAKAN DI KALIURANG


NAMA : NURUL WIDIASTONI
NIM : 163104101152
MATA KULIAH : PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI


Pengusaha adalah orang yang menjalankan kegiatan usaha baik usaha jual beli, maupun usaha produksi yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya.

            Wawancara ini di lakukan pada hari Sabtu 08 April 2017 yang bertempat di sebuah rumah makan di kawasan Kaliurang. Observasi ini di lakukan untuk mengetahui motivasi kerja menjadi pengusaha. Pagi tepat pukul 09.00 ,  di temani dengan segelas kopi lengkap dengan cemilan tradisional khas kaliurang, yakni jaddah tempe. dan di barengi suasana dingin nan asri daerah pegunungan. Saya mulai melakukan wawancara, pertanyaan demi pertanyaan saya lontarkan, kemudian di jawab oleh beliau dengan sangat antusias. Beliau menjawab sangat pas sekali dan bisa membuat siapa saja ingin memulai menjadi pengusaha.
          Beliau adalah bapak AB pemilik sebuah rumah makan di kawasan kaliurang. Beliau adalah seorang pendatang asli kelahiran jakarta. Pada awal mulanya datang ke jogja adalah untuk kuliah. Hingga akhirnya sampai menikah dan menetap di jogja. Di dalam menempuh kuliah beliau tidak sampai lulus di karenakan beliau dulunya suka main-main saja atau kluyuran kemana-mana gak jelas (nakal).
            Usaha yang beliau tempuh sudah berjalan  sekitar 3 tahun-an, yang mana sebelumnya beliau adalah bekerja di sebuah desa wisata yang menjadi marketing. Di dalam menjadi seorang pengusaha beliau menjelaskan bahwa :

            Di dalam menjadi pengusaha harus di sertai keberanian artinya berani mengambil keputusan dan tidak hanya omong kosong belaka, tetapi harus ada tindakan. Untuk memulainya jangan memikirkan untung rugi atau sukses gagal, di jalani secara bertahap melalui proses yang sehat. Karena proses tidak akan mengkhianati hasil. Sebuah usaha harus di jalani dengan konsisten dan berkesinambungan, jangan sampai berhenti atau putus di tengah jalan.
            Menurut beliau menjalankan bisnis sama dengan menanam sebuah pohon. Di mulai dari awal dengan menyiapkan benih, di tanam, dan di rawat dengan baik sehingga tumbuh berkembang menjadi besar. Dan pada akhirnya bisa memanen buah dari pohon itu. Untuk mencapai hal ini butuh waktu yang tidak sedikit.
            Lanjut menurut beliau, pekerjaan yang paling baik adalah menjadi pengusaha dan bertani. Karena dalam menjadi pengusaha terjadi perputaran uang secara teratur dan uang tidak habis begitu saja. Kalau bertani di karenakan petani adalah orang yang sabar dan ikhlas di dalam menunggu hasil setelah penanamam. Makanya sekarang tidak heran banyak orang-orang kaya mempunyai rumah besar atau mobil bagus, mereka adalah seorang pengusaha.
            Dalam mengembangkan usaha harus mempunyai modal yang cukup, besar kacilnya modal juga mempengaruhi pendapatan. Menjadi pengusaha harus berani hutang, bahkan sampai puluhan juta dan hal ini tidak mengapa untuk mengembangkan usahanya.
            Seseorang janganlah mengandalkan harta warisan orang tua, seperti sawah, rumah, dll. Karena harta itu bisa habis seiring berjalanya waktu. Alangkah lebih baiknya jika harta itu di kembangkan dengan menjadi pengusaha. Yang saya kagumi dari beliau adalah beliau berbisnis untung rugi bukan prioritas utama, yang namanya usaha ya pasti menginginkan untung, tapi beliau menekankan untuk membantu atau berbagi terhadap orang lain yang di wujudkan dalam bentuk menyediakan loker bagi yang membutuhkan.
            Beliau menambahkan, mulailah jadi pengusaha mulai dari kecil di rintis hinga menjadi besar, seperti contoh Rumah  Pemotongan Ayam Saliman Riyanto Raharjo. Beliau memulai dari penjual ayam di pasar tradisional sampai sekarang bisa mendirikan pabrik besar. Artinya apa, kalau sudah sukses tidak akan sombong dan angkuh karena sudah pernah merasakan kehidupan menjadi orang susah.

Banyak orang tanya, “bisnis apa yang bagus?”. Jawabnya, “bisnis yang bagus adalah yang di buka, bukan di tanyakan terus!”   (Bob Sadino)

“”Setinggi apapun pangkat yang anda miliki, anda tetap seorang pegawai. Sekecil apaun usaha yang anda punya anda adalah BOS nya””   (Bob Sadino)

0 comments:

Post a Comment