20.4.17

Gangguan Kecemasan Nycthopobia


Oleh Nurul Hidayah (153104101104)
Mata Kuliah Psikologi Abnormal

Ketakutan terhadap sesuatu merupakan emosi yang wajar. Namun menjadi tidak wajar dan sangat menganggu apabila dirasakan berlebihan. Salah satunya adalah ketakutan terhadap gelap atau nama populernya adalah nycthopobia. Menurut Powerchange (dalam Yuwanto, 2007) Nycthopobia adalah salah satu tipe gangguan specific phobia yang ditandai dengan adanya ketakutan irasional (irrational thinking) dan berlebihan (unproportional) terhadap situasi gelap, penderita menyadari bahwa ketakutannya tersebut irasional dan tidak mampu mengontrol kekuatannya, karena itu penderita berusaha untuk menghindari situasi gelap atau bila berada di tempat gelap akan merasa terancam, yang berdampak menganggu kehidupan sehari-hari.
Kejadian buruk terkait situasi gelap menjadi pengalaman yang memicu terjadinya pemikiran bahwa situasi gelap yang tidak menyenangkan tersebut akan terulang pada situasi gelap lainnya. Hal tersebut menggambarkan besarnya peran pikiran dalam memaknai suatu objek atau situasi tertentu (Bourne & Yaroush dalam Yuwanto, 2007).
Sebagai contoh ; seorang mahasiswa berteriak histeris, mata terpejam dan duduk memeluk lututnya ketika lampu kelas padam dan situasi kelas yang gelap karena dirimbuni pepohonan besar. Setelah ditelusuri ternyata mahasiswa tersebut dahulu pernah suatu malam bermimpi buruk hingga berkeringat dan berteriak-teriak, ketika bangun lampu kamar dalam keadaan mati dan situasi gelap gulita. Bersamaan dengan itu Ibu mahasiswa tersebut bertiak “kebakaran”. Mahasiswa tersebut yang terbangun dalam keadaan takut, keadaan kamar gelap dan terkejut mendengar kepanikan dari Ibunya segera keluar kamar dengan nafas tersengal-sengal.
  Kesimpulannya adalah bahwa perasaan takut terhadap pengalaman buruk yang pernah dialami tersimpan kuat di alam bawah sadar. Perasaan tersebut dapat muncul kembali ketika berhadapan dengan situasi serupa. Ketakutan yang disadari sebenarnya dapat dikontrol apabila ada keinginan kuat untuk meperbaikinya. Salah satunya dengan memulai memperbaiki persepsi bahwa pengalaman buruk yang pernah terjadi sudah lama terjadi dan situasi yang saat ini terjadi adalah situasi yang berbeda.

Referensi :

Yuwanto, Listyo. 2007. Asesmen Dinamika Gangguan : Studi Tentang Nyctophobia. Indonesian Psychological Journal, 22(3), 251-260. 

0 comments:

Post a Comment