15.4.17

VIDIO GAME ANTARA HOBI BERPRESTASI HIBURAN DAN DAMPAK BURUKNYA


 VIDIO GAME ANTARA HOBI YANG BERPESTASI,HIBURAN DAN DAMPAK BURUKNYA
Asep singgih wijanarko(16.130.140.1158)
Psikologi umum II
     Pada zaman moderen ini,kemajuan teknologi semakin bertambah canggih serta berkembang. begitu juga dengan vidio gameatau permainan firtual. Game atau permainan firtual menurut definisinya adalah: merupakan sebuah aktivitas rekreasai dengan tujua bersenang-senang,mengisi waktu luang,atau berolahrga ringan.permainan biasanya di lakukan sendiri atau beersama-sama (kelompok).
     Game sudah menjadi aktvitas yang lumprah bagi beberapa kalangan yang memenag lebih suka permaianan online atau fitual dari pada perminan fisik secara langsung.  Mungkin bermain game online di handpone serta alat elektronik lainnya diangap lebih praktis ketimbang bermaian permainan fisik yang membutuhkan perlengkapan kusus serta persiapan fisik yang melelahkan.
       Menurut peneliti dari universitas of rochester,New York,Amerika serikat yang mlelakukan penelitian tentang dampak positif game terhadap tumbuhh kembang anak,menurut mereka anak yang bermain vidio game akan mengembangkan kemampuan dalam membaca dan matematika.
    Sedangakan menurut salah seorang menteri sekertais kabinet inggris ,tom waston,menyebutkan bahwa bermain vidio game,anak-anak akan belajar konsentrasai,melatih pikiran,dan melatih menjawab tantangan.
     Bermain game jika di tekuni secra serius bisa berdampak psositif bagai si gamers (sebutan bagi para pemain game) tersebut. Gamers yang telah terlatih dapat mengikuti berbagai lomba yang biasanya diadakan oeleh penyedia game tertentu, biasanya dengn sistem gugur. Yaitu sistem pemain berhadapan dengan pemain lain dan di ambil siapa yang bisa bertahan sampai akhir dialah pemenangnya.
      Misal seperti game “PES” pro evolution soccer,Adalah vidio game sepak bola terpopuler selain FIFA,PES setiap tahunya mengadakan “PES LEAGUE” dari setiap pemenag tahap seleksi provinsi akan di pertandingkan lagi pada tahap Nasional dan pemenangnya akan mewakili indonesia di ajang” PES LEAGUE ASEAN” dan dunia. Dengan begitu dapat meng harumkan nama bangsa dan berprestasi di kancah internasional lewat game.
     Akan tetapi bermain game secara belebihan dan tidak sewajarnaya, tentunya akan bedampak negatif bagi si gamers. Suatu penelitian mengungkapkan jika game addiction akan memgganggu kehidupan atau kelangsungan hidup seseorang  yang menyangkut hubungn interpersonal,physical appearaance ,coping  dll. (weinstein 2010).
     Di lansir detik.com (10 juli 2012),seorang mahasiswa asal national university of singapore,diemukan tewas di depan komputernya karna terlalau lama bermain game.
     Game memang bisa meng hibur dan mengusir setres dan kebosannan jika di tekuni secara serius akan dapat membawa pestasi tesendii,namun jika terlalau berlebihan akan berdampak buruk bagi si pemain tersebut. Kontrol emosi serta kontrol diri dan pengawasan orangtua bagi anak-anak  di perlukan, agar kita lebih bijaksana serta  bisa bermain game seperlunaya dan sewajarnya.

Daftar pustaka:
 http://wikipedia.org>wiki>permainan. ( Diakses pada 13-04-2017.09.56.)
 www.pesleague.id (di akses pada 13-04-2017.10.29)
 http://abduljlil.webugm.ac.id/2015/02/11/game-addiction.
(diakses pada 13-04-2017.10:52)
http://wulansari02.wordpress.com>/2015/04/16/dampak-game-onlne-terhada-Perkembangan-Psikologis-anak.(diakses pada 13-04-2017.11:03)

0 comments:

Post a Comment