15.4.17

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA


NAMA : RIDWAN KISARAH TBN
NIM : 16.310.410.1157
MATA KULIAH : PSIKOLOGI UMUM II

          Anak adalah pusat pendidikan dan pembelajaran dalam keluarga. Pendidikan yang diberikan oleh orang tua pada anak hendaknya berorientasi pada kebutuhan anak sebagai makhluk biopsikososialreligius serta menggunakan cara-cara yang sesuai dengan perkembangan anak, baik perkembangan fisik biologisnya, perkembangan psikisnya, perkembangan sosialnya serta perkembangan religiositasnya.
                Teori Piaget menyatakan bahwa dua proses yang mendasari perkembangan anak antara lain organisasi dan adaptasi. Untuk memahami dunia, kita mengorganisasikanpengalaman-pengalaman kita. Dengan mengorganisasikan pengamatan dan pengalaman kemudian kita menyesuaikan(adaptasi) pemikiran kita dengan ide-ide baru.Piaget percaya bahwa manusia beradaptasi dalam dua cara yakni asimilasi dan akomodasi.Asimilasi terjadi saat anak menggabungkaninformasi ke dalam pengetahuan yang telah mereka miliki. Akomodasi terjadi bila anak menyesuaikan pengetahuan mereka agar cocok dengan informasi dan pengalaman baru.
                Institusi pendidikan adalah gambar menciptakan pembelajaran individual yang relevan, pengembangan karakter, religiusitas dan kemandirian dimulai dari diri sendiri.
                Peran pengembangan karakter ini diperlukan pengawasan orang tua, guru, tokoh pemuka agama dilingkungannya.

DAFTAR PUSTAKA
Kementrian Pendidikan Nasional. (2001) Naskah Akademik Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Jakarta: direktorat jendral pendidikan tinggi.

                                

0 comments:

Post a Comment