16.4.17

TUGAS KUNJUNGAN RSJ GRHASIA

HALUSINASI



Halusinasi adalah gangguan penyerapan (persepsi) panca indera tanpa adanya rangsangan dari luar yang dapat meliputi semua sistem penginderaan dimana terjadi pada saat individu sadar dengan baik. (Stuart & Sundenn, 1998).


Halusinasi, atau salah persepsi indrawi yang tidak berhubungan dengan stimulus eksternal yang nyata, mungkin melibatkan salah satu dari lima indra. (Townsend, 2002).

Halusinasi yaitu gangguan persepsi (proses penyerapan) pada panca indera tanpa adanya rangsangan dari luar, pada pasien dalam keadaan sadar.

Halusinasi ? Apakah  kalian  mengerti?
            Pada hari kamis tanggal 13 April 2017 . Saya berkesempatan berkunjung ke RSJ GRHASIA. Disana saya berkomunikasi dengan  pasien yang bernama”O”. Kelahiran kota “Y” dia mengisahkan awal mula pasien bisa di vonis untuk di rawat di RSJ GRHASIA ketika pasien bekerja di salah satu perusahaan swasta pasien merasakan di bisikin sesuatu untuk memukul truck dengan tangan. Setelah pasien memukul truck teman kerja nya merasa bahwa “ O” membahayakan semua orang lalu teman kerjanya membawa nya ke RSJ GRHASIA. Awal pasien ke RSJ GRHASIA tidak pertama namun sudah yang ke dua yang pertama pasien  hanya diberi obat lalu di izin kan pulang.  Lalu yang kedua ini pasien di suruh untuk rawat inap karena kondisi gangguan yang membahayakan. Pasien juga mengisahkan  bahwa awal mula pasien bisa terkena bisikan ketika dia teringat sang ayah yang telah meninggal 3 tahun lalu. Pasien memang sangat dekat demgan sang ayah sehingga kepergian ayahnya membuat pasieb merasa sangat kehilangan. Bisikan ini dating memang sewaktu-waktu. Ketika bisikan ini dating pasien selalu memanting ataupun memukul barang sekitar. Ketika saya menanyakan apakah gejala awal pasien hanya menjawab tidak ada gejala,karena rasa penasaran saya meminjam  rekam  medis saya membaca bahwa gejala awalnya adalah berbicara sendiri. Tidak 100% data dari pasien itu valid. Pasien memang terlihat sehat namun kesehatan  jiwa nya memang sedikit terguncang. Ketika pasien di vonis untuk tinggal sementara di RSJ GRHASIA pasein sempat menolak karena dia memiliki beban tanggungan untuk sekolah 2 adiknya. Pasien  juga merasakan rindu yang mendalam pada keluarga nya karena dia harus tinggal sementara do RSJ GRHASIA. Memang pasien sudah di izin kan dokter pulang dalam waktu dekat .Namun pasien memnbutuhkan  dukungan moral dari keluarga agar tidak lupa untuk minum obat agar pasein bisa sembuh dan beraktifitas kembali.
DAFTAR PUSTAKA

Rasmun2001Keperawatan Kesehatan Mental Psikiatrik Terintegrasi Dengan Keluarga, Edisi I. JakartaCV. Sagung Seto.

0 comments:

Post a Comment