16.4.17

Kunjungan RSJ GHRASIA



Kunjungan RSJ GHRASIA
PENGARUH HALUSINASI TERHADAP KEJIWAAN SESEORANG
Chatu Septiana (16.310.410.1155)
Psikologi Umum II

            Pernahkah kalian mendengar istilah Halusinasi?atau kalian pernah merasa sedang berhalusinasi?jika kalian pernah merasakan berhalusinasi,coba kalian membaca artikel ini sampai selesai.Pengertian Halusinasi sendiri adalah gangguan pencerapan (persepsi) pasca indera tanpa adanya rangsangan dari luar yang dapat meliputi semua system penginderaan di mana terjadi pada saat kesadaran individu itu penuh / baik. Bentuk halusinasi ini bisa berupa suara-suara yang bising atau mendengung, tapi yang paling sering berupa kata-kata yang tersusun dalam bentuk kalimat yang agak sempurna. Biasanya kalimat tadi membicarakan mengenai keadaan pasien sedih atau yang dialamatkan pada pasien itu. Akibatnya pasien bisa bertengkar atau bicara dengan suara halusinasi itu. Bisa pula pasien terlihat seperti bersikap dalam mendengar atau bicara keras-keras seperti bila ia menjawab pertanyaan seseorang atau bibirnya bergerak-gerak. Kadang-kadang pasien menganggap halusinasi datang dari setiap tubuh atau diluar tubuhnya. Halusinasi ini kadang-kadang menyenangkan misalnya bersifat tiduran, ancaman dan lain-lain.
            Seperti pada kasus yang saya jumpai kemarin ,waktu saya berkunjung ke RSJ GRHASIA yang ada di pakem pada hari Kamis tgl 13 April 2017 ,saya menjumpai seorang pemuda berinisial OK dia berumur sekitar 22th dia sudah masuk bangsal kurang lebih 2 minggu dia merasakan seperti ada bisikan-bisikan yang mengancam dirinya sehingga dia terkadang berteriak,menangis dan bahkan mengamuk hingga membahayakan orang lain,tetapi ketika dia diberi obat penenang ,dia mengatakan bahwa bisikan-bisikan itu tidak ada lagi.Dan dari info yang saya terima dia mulai merasakan gangguan itu ketika ayah yang sangat dia cintai meninggal secara mendadak,dan dia merasakan rasa kehilangan yang sangat dalam hingga depresi dan selalu berhalusinasi.
Dari kasus diatas menurut pandangan saya pasien tersebut depresi hingga menyebabkan dirinya selalu berhalusinasi,seperti menurut (May Durant Thomas 1991 dalam lukas ,2012) halusinasi secara umum dapat ditemukan pada pasien gangguan jiwa seperti: Skizoprenia, Depresi, Delirium dan kondisi yang berhubungan dengan penggunaan alkohol dan substansi lingkungan. Disini dukungan keluarga dan orang terdekat sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan pasien tersebut.

Sumber :
Luji,lukas(2012).AskepHalusinasi.Artikelkeperawatan

0 comments:

Post a Comment