21.4.17

Teman Yang Tidak Diinginkan

Teman Yang Tidak Diinginkan
Oleh : Siti Asmaul Husna
(153104101111)
Psikologi Abnormal


Depresi adalah seluruh perasaan murung, tidak ada harapan, kecewa, sedih, lesu. Gerakan menuju derpesi adalah gerakan menuju kematian, dan keputusasaan adalah perasaan yang sangat lazim dialami. Yaa,, depresi adalah teman yang tidak diinginkan. Depresi bertahan lebih lama dan lebih sering. Depresi terus – menerus tinggal dengan intensitas yang tidak bergerak, menyebabkan kita kehilangan perspektif dan membuat kita kurang mampu membawa aktifitas hidup, bahkan menutup jendela harapan, dan bahkan kadang menarik turun beyangan kegelapan.

Pakar terapi Richard f. Berg menjelaskan kemampuan kita untuk melihat sama dengan kamera. Fotografer dapat mengubah gambar realitas melalui penggunaan berbagai jenis lensa atau filter. Oleh karna itu, kamera mungkin tedak memberikan pandangan dunia yang akurat. Lensa telefoto mempunyai pandangan hidup yang lebuh tajam dan selektif. Dapat memusatkan pandangan pada sekuntum bunga yang indah, tetapi sekaligus menghalangi pemandangan lainnya di kebun. Orang – orang yang bahagia dan selalu tersenyum melihat melalui lensa fisheye yang tampak terbalik dan tidak nyata. Filter dapat memburamkan kenyataan, menghancurkan kenyataan, membawa kegelapan ke pemandangan yang lebih terang, atau bahkan menciptakan kabut.(H.Norman Wright,2000).

Oleh karna itu berusahalah untuk mengenali diri sendiri dan orang – orang di sekitar kita. Supaya terhindar dan membantu menghindarkan teman yang tidak di inginkan itu setidaknya dari diri kita dan orang – orang terdekat kita.

Sumber :
Wright. Norman. H. (2000). Meredakan Emosi Jiwa. Yogyakarta : Yayasan ANDI (Anggota IKAPI). (228-229).



0 comments:

Post a Comment